Jelang Akhir Mei, KPU Papua Gelar Debat Kedua Paslon Cagub

Jayapura, Papuatoday.id – Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, pihaknya akan menggelar debat kedua, pasangan calon gubernur-wakil gubernur (paslon cagub-cawagub) Papua, 22 Mei 2018 mendatang.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memanggil setiap paslon cagub-cawagub Papua dan memberikan pemahaman agar keduanya lebih elegan dan lebih santai.

“Tidak seperti debat pertama. Memang banyak koreksi ke KPU dan KPU mencoba menjadi pelaksanaan pemilu yang baik. Memberikan ruang dan nuansa yang baik kepada kedua paslon saat debat kedua nanti,” kata Arisoi dalam bedah buku karya Stepi Anriani di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Rabu (16/5).

Ia mengakui, dalam proses perjalanan lima tahun anggota KPU, akhir-akhir ini ada pihak yang memberikan raport merah.

“Terus yang selama ini kami kerja tidak dihitung? Itu catatan. Pilkada Papua disebut rawan, siapa yang membuat rawan. Kami harap hasil pekerjaan kami sebagai anggota KPU endingnya (berakhir) manis,” ucapnya. 

Katanya, pengalaman pelaksanaan pilkada serentak di Papua sejak 2015, 2017, dan 2018 memang banyak masalah. Ini menjadi catatan semua pihak, karena hal itu menyebabkan Bawaslu RI menyebut pelaksanaan pilkada Papua rawan.

Padahal semua pihak berupaya maksimal menjaga pelaksanaan pilkada aman, terutama aparat keamanan.

“Dalam proses perjalanan pasti ada sukses dan kegagalan. Tapi mohon jangan gagalnya diangkat. Tapi kesuksesan kami untuk bangsa dan negara,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, tim sukses paslon perlu diingatkan tidak melakukan kampanye hitam dan negatif. Tapi bagaimana membangun citra positif untuk mendapat simpati publik, sehingga dapat dipilih rakyat. 

“Kampanye hitam atau kampanye negatif ini melanggar hukum. Bisa terjebak dalam pelanggaran hukum. Kalau berkaitan dengan ucapan, dapat terindikasi hukum pidana, kalau produk media sosial, berkaitan dengan ujaran kebencian,” kata Boy Rafli.

Red/papuatoday

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: