Realisasi Dana Desa Papua Capai Rp2,567 Triliun

Jayapura, Papuatoday.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua mengungkapkan hingga 4 Juli 2018 realisasi dana desa di 29 Kabupaten/kota yang ada di Papua telah mencapai Rp2,567 triliun.

“Pagu dana desa untuk 29 Kabupaten/kota yang ada di Papua tahun ini adalah Rp4,290 triliun, dan hingga kini realisasinya telah mencapai 59,8 persen,” ujar Kepala Kanwil DJPb Papua, Syarwan, di Jayapura, Senin (9/7).

Ia menjelaskan seluruh kabupaten/kota di Papua kini sudah menyerap dana desa tahap kedua yang persyaratan untuk mendapatkannya adalah menyerahkan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun sebelumnya.

Untuk alokasi dana desa terbesar di Papua adalah di Kabupaten Tolikara yaitu sebesar Rp365,435 miliar. Sementara realisasinya telah mencapai Rp214,771 miliar.

“Alokasi terkecil ada di Kota Jayapura yang hanya Rp18,465 miliar dengan serapannya telah mencapai Rp11,079 miliar,” ujar dia.

Syarwan mengakui hingga kini DJPb Papua belum menerima laporan apakah dana desa yang sudah ditransfer ke rekening kas daerah sudah disalurkan ke rekening kampung atau belum.

Namun ia berharap agar dana tersebut dapat segera disalurkan ke kas kampung dan dimanfaatkan sesuai peruntukan.

Ia juga mengimbau semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa karena anggaran tersebut bukan diberikan negara untuk keperluan perorangan, namun guna mendorong pembangunan dari tingkatan paling bawah.

 

BACA JUGA :  Polisi PNG Tangkap WNI Pembawa Ganja

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: