Ada apa..!!! Jelang Pemilu 2018, Jumlah Penduduk di Papua jadi Meningkat Drastis

By: On:

Jayapura,Papuatoday.id – Jelang pelaksanaan Pemilu di Papua baik Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur 2018, Pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019, terjadi peningkatan jumlah penduduk yang signifikan.

Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua mencatat jumlah penduduk Provinsi Papua sampai 31 Juni 2017 sebanyak 4.247.758 atau mengalami peningkatan sekitar 300 ribu jiwa.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk kepada pers di Jayapura, Kamis (2/11) menyatakan, jumlah penduduk pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 sebanyak 3.091.047. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tetap (DPT) 3.270.840

Penyebab penambahan jumlah penduduk, menurut Ribka diperkirakan terjadi karena tingginya angka kedatangan penduduk ke Papua. Selain itu, saat ini banyak penduduk yang baru berusia 17 tahun dan mendapatkan hak memili pada Pemilu.

“Kemungkinan masih akan ada penambahan, sebab perekaman KTP-elektronik belum tuntas di seluruh kabupaten/kota,” ungkapnya.

Dikatakannya, jumlah penduduk terbanyak berada di Kota Jayapura sebanyak 223.564 jiwa disusul, Kabupaten Yahukimo 190.734, Kabupaten Merauke 115.949, Kabupaten Jayawijaya, 141.417 jiwa dan Kabupaten Tolikara 134.375 jiwa.

“Kelima kabupaten tersebut mempunyai jumlah penduduk terbanyak dari 29 kabupaten/kota se-Papua,” sebutnya.

Sementara mengenai perekaman KTP-E, pihaknya akan menuntaskan perekaman KTP-E di Papua. Dimana lanjut Ribka, saat ini pihaknya sementara berupaya menekan kabupaten/kota agar gencar melakukan perekaman.

BACA JUGA :  TNI Di Perbatasan Temukan Seperempat Hektar Ladang Ganja

Jadi untuk Papua ini kita lagi kejar, sebab untuk data “pemilih gubernur berasal dari perekaman KTP-E, jadi kita harapkan semua kabupaten/kota melakukan perekman,” harapnya.

Namun demikian, Ribka menambahkan, data yang akan digunakan pada Pilgub nanti akan menggunakan hasil perekaman semester pertama. 

Red/Papuatoday.id

(ER)

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: