Kabupaten Tolikara Laksanakan Program Bimtek, Entaskan Kemiskinan

Jayapura, Papuatoday.id – Untuk mengatasi masalah kemiskinan di daerahnya, Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Energi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta Koperasi melaksanakan program Bimtek yang di peruntukkan bagi warga masyarakat Tolikara. Tidak tanggung-tanggung program tersebut diikuti sekitar 800 orang peserta dimana pelaksaannya di lakukan selama dua hari di Aula GIDI Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Program tersebut dilakukan pemerintah kabupaten juga mengacu pada Perda No. 7 tahun 2015 tentang pendoman dan tatacara pengelolaan pelaksanaan penanaman modal yang mengacu pada undang – undang No. 25 tahun 2017 tentang penanaman modal dan koperasi bisa memberdayakan UKM. 

Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Kesehatan, Labansi, S. KM pada pembukaan Bimtek Peningkatan kapasitas Managemen UKM dan Koperasi di Aula GIDI Kota Karubaga, baru-baru ini mengatakan, Pemberdayaan dimaksudkan untuk menjadikan UKM sebagai usaha yang tangguh dan mandiri dalam perekonomian nasional.

Sementara dalam proses pemberdayaan melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah harus menciptakan iklim usaha yang kondusif dan melakukan pembinaan dan pengembangan berupa bimbingan dan bantuan lainnya.

Bupati berharap agar program ini dapat menaikkan taraf hidup masyarakat adat yang ada di Kabupaten Tolikara, Sehingga masyarakat adat dapat mengelola tanah,hutan dan sumber daya alam lainnya secara mandiri yang mampu menghidupi diri dan keluarganya.

“Artinya menjadi tuan di negeri sendiri. Namun dalam mencermati situasi dan kondisi yang kita hadapi saat ini, maka tantangan yang kita hadapi di Kabupaten Tolikara saat ini tidaklah ringan. Tapi dengan kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah, saya sangat optimis bahwa di tanah Papua ini dapat memberikan kesempatan dan peluang besar bagi seluruh pelaku usaha investor, ” tandasnya.

#Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: