BP3AKB Mimika Upayakan Timika Jadi Kota Layak Anak

Jayapura, Papuatoday.id – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Mimika, Provinsi Papua mengupayakan agar Timika dapat menjadi kota layak anak pada tahun ini.

Kepala BP3AKB Mimika, Alice Irene Waunma di Timika, mengatakan BP3AKB Provinsi Papua dalam waktu dekat ke Timika untuk mengkaji persiapan Timika menjadi kota percontohan layak anak pada 2018.

Alice juga mengatakan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi jika suatu kota dikatakan sebagai ramah anak seperti terbentuknya forum anak dan wahana bermain anak di sejumlah tempat umum.

“Kalau forum anak, kita sudah bentuk tahun 2017, tapi persoalannya wahana bermain anak juga harus lengkap di setiap tempat umun contohnya, di bandara tetapi kita belum punya itu,” kata Alice.

Menurut Alice, beberapa waktu lalu Plt Bupati Mimika Yohanes Bassang telah memerintahkan agar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Pasar Lama Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Koperapoka dijadikan sebagai taman kota. Dengan demikian, jika hal tersebut terwujud maka akan menjadi salah satu pusat hiburan yang dilengkapi dengan wahana bermain anak.

“Di manapun anak-anak itu berada, pasti selalu ada imajinasi untuk bermain. Karena itu harus di setiap tempat umum harus dilengkapi dengan fasilitas permainan. Karena bermain merupakan slah satu cara untuk mengembangkan imajinasi anak,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Yohana Yambise mengharapkan Kabupaten Mimika menjadi kabupaten yang layak anak.

Secara khusus untuk Kabupaten Mimika, Yohana meminta PT. Freeport Indonesia dapat membantu menyediakan tempat bermain dan taman rekreasi untuk anak.

#Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: