Jaga Kedaulatan NKRI, Panglima TNI Resmikan 4 Kesatuan Baru di Timur Indonesia

 

Jayapura, Papuatoday.id – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan 4 kesatuan baru untuk menunjang terlaksananya tugas-tugas TNI di wilayah timur Indonesia, yakni menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Satuan baru TNI itu diantaarnya adalah Divisi Infanteri (Divif) 3 Kostrad TNI AD yang bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan, Komando Armada III, Pasmar 3 Korps Marinir TNI AL yang bermarkas di Kota Sorong, dan Koopsau III, TNI AU yang bermarkas di Kota Biak, Papua.

Disamping melakukan peresmian 4 satuan baru TNI tersebut, Panglima TNI juga meresmikan perubahan nama kesatuan TNI, yakni Komando Armada I yang sebelumnya merupakan Komando Wilayah Barat (Koarmabar) dan Koarmabar II yang sebelumnya bernama Komando Armada RI Wilayah Timur.

Dikatakan oleh Hadi Tjahjanto, luasnya wilayah Indonesia bagian timur menjadi alasan utama dibentuknya kesatuan baru di dalam lingkungan TNI, dimana dengan luasnya wilayah tersebut sehingga dibagi menjadi dua dua bagian, termasuk Komando TNI Angkatan Udara dan Komando TNI Angkatan Laut khususnya di wilayah Timur untuk menjaga wilayah-wilayah timur Indonesia.

“Selaku Panglima TNI saya lihat untuk kawasan timur sangat luas kita membagi menjadi dua lagi yang termasuk Komando Angkatan Udara dan Kau, khususnya di wilayah timur untuk menjaga wilayah perbatasan. Kita utamakan di Sorong itu karena ujungnya di Sorong,” ujar Hadi di Sorong, Papua Barat, Jumat (11/5).

Ia juga berharap, pembentukan satuan baru TNI ini dapat bersinergi dengan pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

Acara peresmian satuan baru tersebut dimeriahkan atraksi terjun payung dan tari-tarian khas Papua yang menggambarkan tentang perdamaian.

Turut hadir juga KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Ade supandi dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisn. Selain itu para kepala lembaga dan kementerian RI, pejabat Kemenhan RI, pejabat Polri, tokoh agama, tokoh adat, Gubernur Papua Barat, Gubernur Papua, Gubernur Maluku dan Gubernur Maluku Utara.

 

BACA JUGA :  Bank Papua Siap Layani Transaksi Non Tunai Pemda di Papua

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: