Kemenag Apresiasi Komitmen Para Tokoh Agama Papua

Jayapura, Papuatoday.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam memberikan apresiasi terhadap komitmen para tokoh agama Papua dalam menjaga zona integritas kerukunan. Terutama karena dibentuknya Tim Enam yang diprakarsai oleh Bupati Jayapura dan melibatkan perwakilan tokoh agama di Papua.

“Salah satu dari kekuatan dari Papua adalah kemampuan pimpinan daerah, masyarakat dan tokoh agama untuk menanggulangi gangguan yang terjadi di Jayapura,” ujar Nur Syam saat menerima kunjungan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw bersama rombongan di kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (11/5).

Kunjungan Bupati Jayapura tersebut yakni untuk menyerahkan laporan hasil perumusan yang dihasilkan oleh Tim Enam kepada Sekjen untuk kemudian diserahkan kepada Menteri Agama.

Kepada Sekjen, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan bahwa dalam menghadapi polemik pembangunan menara Masjid Al Aqsa pihaknya telah membentuk tim kecil yang terdiri dari para tokoh agama di Jayapura.

Mathius menegaskan bahwa peristiwa ini sama sekali tidak mengganggu kerukunan antar umat beragama di Papua karena telah dilokalisasi sebagai peristiwa yang hanya terjadi di Kabupaten Jayapura dan para tokoh-tokoh agama telah berkomitmen untuk mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Jadi ini bisa menjadi suatu pelajaran untuk bagaimana melihat persoalan-persoalan bagaimana kita melihat keberagaman yang kita miliki,” ujarnya.

Sekjen juga menyambut baik rencana akan dibangunnya tempat-tempat ibadah di Jayapura yang akan menggambarkan kerukunan dan simbol-simbol keharmonisan umat beragama. Demikian juga Dirjen Bimas Islam Muhamadiyah Amin dan Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury yang menyatakan dukungannya terhadap rencana ini.

#Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: