Harga Ikan Cakalang Di Jayapura Mencapai Rp170.000/Ekor

Jayapura, Papuatoday.id – Harga Ikan Cakalang/Tongkol di Tempat Pelalangan Ikan (TPI) Hamadi, Kota Jayapura, Provinsi Papua, naik menjadi Rp170.000/ekor untuk ukran ikan sekitar 5 kilogram (kg).

Azwar, salah satu pedagang ikan di TPI Hamadi, pada Rabu sore, mengungkapkan dalam beberapa hari ini harga ikan cakalang terus meningkat, hal ini dikarenakan jumlah tangkapan nelayan yang sedang menurun.

“Kemarin (23/10), ikan cakalang kita jual Rp135.000/ekor, sekarang naik Rp40.000. Kalau lagi murah perekor paling hanya Rp30.000,” ujarnya.

Sementara Sangkala, yang juga berjualan ikan di TPI Hamadi, menjelaskan sebenarnya saat ini harga ikan hasil tangkapan nelayan cukup stabil karena jumlah rumpon sudah semakin banyak.

Hanya untuk dua jenis ikan, yaitu cakalang dan ekor kuning harganya kerap berfluktuatif tergantung jumlah tangkapan nelayan.

“Contoh hari ini saja, walau cakalang sedang mahal tapi ikan lainnya tidak. Seperti Tenggiri sekarang lumayan murah, perekor sekitar Rp70.000,” kata dia.

Kepala KPw BI Papua, Joko SUpratikto, sempat mengungkapkan inflasi yang terjadi di Jayapura sangat ditentukan oleh hasil ikan tangkap yang jumlahnya sangat bergantung pada kondisi cuaca.

Menurut dia, ikan-ikan tangkap seperti Ekor Kuning sangat digemari oleh masyarakat Jayapura dan harganya cukup fluktuatif tergantung dari hasil tangkapan para nelayan.

“Memang betul ikan yang menjadi pemicu inflasi bukan ikan budi daya dan memang kita belum tahu apakah ikan itu bisa diternakan atau tidak. Karena itu cara yang paling efektif dan bisa dilakukan dalam jangka pendek adalah mendatangkan ikan tersebut dari daerah lain,” ujarnya

Red/Papuatoday.id

 

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: