14 Kabupaten Masih Gunakan Sistem Noken

Jayapura, Papuatoday.id – ada pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019, masih ada 14 kabupaten yang tetap menggunakan sistem Noken.

Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua,Tarwinto menyebutkan, 14 kabupaten yang masih menggunakan sistem Noken pada pemungutan suara tahun depan rata-rata berada di wilayah Lapago dan Meepago.

“Selama sistem Noken belum dicabut oleh Mahkamah Konstitusi, sistem ini masih dipakai pada Pilpres dan Pileg 2019. Itukan hanya pengakuan dari MK sesuai dengan kultural adat di Papua,” ungkap Tarwinto menjawab pertanyaan Cenderawasih Pos di Grand ABE hotel, Rabu (24/10).

Dikatakan, dalam pelaksanaan sisten Noken ini, yang menjadi persoalan yaitu menyangkut akurasi data pemilih. Sebab dari sisi aturan perundang-undangan, semua wajib memiliki e-KTP agar bisa didaftarkan sebagai pemilih.

“Sementara menurut laporan Disdukcapil Papua, dari 3 juta pemilih, baru sekira 42 persen warga Papua yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Jika melihat data ini, maka tentu ini menjadi sebuah pekerjaan rumah  besar bersama terhadap persoalan akurasi data tersebut,” tuturnya.

Mengenai persoalan orang datang ke TPS atau tidak, menurut Tarwinto hal itu merupakan persoalan di tingkat bawah dan pihaknya tidak bisa memastikan. Sebab dalam sistem Noken, ada tiga varian yaitu pertama noken sebagai pengganti kotak suara yang harus digantung sesuai dengan banyaknya calon.

“Ada juga sistem Noken yang pemungutan suaranya didelegasikan kepada tokoh masyarakat atau tokoh adat dan yang ketiga kesepakatan sistem ikat 100 persen yang diberikan kepada pasangan calon yang disetujui pendukungnya,” tambahnya.

Diakuinya di dalam perundang-undangan, tidak ada disebutkan sisten Noken. Sebab sistem Noken merupakan pengakuan dari MK untuk diberlakukan di Papua.

“Untuk 14 Kabupaten itu memang ada yang pakai sistem Noken dan ada yang juga pakai e-KTP. Sementara 15 kabupaten dan kota lainnya tetap menggunakan kotak suara dengan e-KTP,” pungkasnya.

 

BACA JUGA :  Tahun 2018, Kemenkes RI Targetkan 95 Persen Anak Papua Bebas Rubella

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: