Danramil Okibab Ajak Warga Manfaatkan Lahan Tidur

Jayapura, Papuatoday.id – Komandan Koramil (Danramil) 1702-12/Okibab Kapten Inf Paulinus ajak warga di Kampung Okibab, Distrik Okibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua untuk memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan produktif untuk menanam sayur dan buah-buahan.

“Guna pembinaan dan pemberdayaan terhadap sumber daya alam di wilayah, saya bersama Babinsa dan warga binaan sebanyak 20 orang melaksanakan kerja bakti pembukaan lahan kosong atau tidur untuk dijadikan lahan produktif,” katanya ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Pembersihan lahan kosong atau tidur tersebut, jelasnya bertujuan untuk dijadikan lahan produktif yang dapat ditanami sayur maupun buah-buahan agar berdaya guna untuk memperbaiki perekonomian masyarakat serta menjadi sumber mata pencaharian yang hasilnya dapat dijual dan dikonsumsi.

“Sebenarnya masyarakat di Distrik Okbibab sudah memiliki kebun masing-masing, namun masih terdapat banyak lahan kosong yang sangat berpotensi bagi kesejahteraan masyarakat agar dapat memberikan hasil perkebunan karena tanahnya sangat subur dan sayang sekali jika dibiarkan tanpa menghasilkan apa-apa,” ujarnya.

Tentunya, sebutnya dalam kegiatan tersebut berkoordinasi dengan pemilik tanah dan bersama lapisan masyarakat disekitar bekerjasama dan bahu membahu membuka lahan yang nantinya akan bermanfaat setelah ditanami sayur dan buah-buahan.

“Saya harapkan dengan pembukaan lahan ini, masyarakat dapat sadar dan memberikan contoh warga yang lain untuk mengolah dan membuka lahan kosongnya dalam menciptakan ketahanan pangan di wilayah,” kata Paulinus

Kepala Distrik Okbibab Frans Simin memberikan apresiasi atas ide dan gagasan Danramil Kapten Paulinus L.

Menurut dia, masyarakat di daerah itu bergantung pada hasil perkebunan, tapi kebun yang ada cuma sekitar rumah mereka dan untuk membuka lahan perkebunan yang luas harus ada kebersamaan dan dikoordinir bersama.

“Dengan dipimpin Pak Danramil, saya yakin pikiran masyarakat akan lebih terbuka untuk membuat lahan yang luas sehingga dapat di jadikan area perkebunan bersama dan hasilnya juga dapat dibagi bersama untuk hidup sehari-hari atau dijual ke pasar,” ujarnya.

 

BACA JUGA :  Luapan air Kali Bier menggenangi jalan Sarmi-Jayapura

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: