Hipmi Papua Sebarkan “Virus” Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda

Jayapura, Papuatoday.id – Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Papua memaknai Hari Sumpah pemuda dengan menyebarkan “virus” kewirausahaan di kalangan pemuda agar ke depan jumlah pengusaha terus bertambah.

“Kalau menggunakan teori Bank Dunia, suatu negara bisa maju bila minimal jumlah pengusahanya mencapai enam persen dari total jumlah penduduk. Sementara di Indonesia baru mencapai tiga persen,” ujar Ketua Umum BPD Hipmi Papua Dasril Sahari, di Jayapura, Jumat.

Ia mengungkapkan masalah utama yang dihadapi para pemuda di Papua untuk menjadi seorang pengusaha adalah keberanian.

Menurut dia, Hipmi Papua pernah melakukan survei kepada ratusan pemuda di Papua yang menunjukkan bahwa 60 persen dari mereka memiliki minat untuk berwirausaha.

“Tapi dari 60 persen itu, hanya sedikit yang punya keberanian untuk mencoba, yang lainnya masih takut untuk gagal,” kata dia.

Dasril yang mengeluti usaha bidang transportasi udara, menekankan pentingnya faktor keberanian untuk menjadi pengusaha.

Dalam berproses mematangkan unit usaha, ia memastikan pasti akan ada kerugian yang dialami.

Yang terpenting menurut dia, adalah tidak menjadikan kegagalan tersebut sebagai sebuah hambatan untuk terus berwirausaha, tetapi hal tersebut harus dijadikan pelajaran agar ke depan tidak kembali merugi.

Ia juga mengingatkan bahwa perayaan Sumpah Pemuda bagi kaum milenial harus dijadikan momentum untuk dapat melihat peluang usaha yang kini sudah jauh lebih terbuka karena faktor teknologi informasi yang sudah sangat berkembang.

 

BACA JUGA :  HIPMI Papua Barat, Berbagi Kasih di Pesantren

Red/Papuatoday.id

 

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: