PLN Timika Surati Pertamina Terkait Pasokan Solar

Timika, Papuatoday.id –  PT PLN (Persero) Area Timika menyurati pengawas Joint Bersama (Jober) PT Pertamina Pelabuhan Paumako agar menjamin pasokan solar untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Manajer PLN Area Timika Salmon Kareth, Jumat, mengatakan pihaknya melihat kondisi ketahanan solar PLN Timika kini sudah menipis sehingga berpotensi terjadi pemadaman listrik besar-besaran di Timika.

“Kami memang menyurati pihak Jober Pertamina di Pelabuhan Paumako agar PLN diprioritaskan untuk droping solar. Stok solar untuk kebutuhan PLTD sekarang sudah menipis, makanya kami menyurati mereka untuk mengingatkan hal itu,” kata Salmon.

Ia menjelaskan bahwa kebutuhan bahan bakar solar untuk menggerakan PLTD Timika sebanyak 115.000-140.000 liter per sehari.

Jika Jober Pertamina Pelabuhan Paumako memasok kebutuhan solar ke PLN Timika jauh di bawah jumlah tersebut, maka konsekuensinya PLN Timika harus mematikan sebagian pembangkit diesel. Hal itu juga berisiko terjadi pemadaman listrik untuk sebagian besar wilayah di Timika.

“Kalau suplai solar ke tanki PLTD Timika kurang dari 115.000 liter per hari maka pasti akan terjadi defisitdan terpaksa kami akan lakukan pemadaman listrik,” jelas Salmon.

Suplai BBM baik ke SPBU maupun PLTD Timika akhir-akhir ini mengalami kendala sejak keterlambatan kapal tanker loading BBM tiba di Pelabuhan Paumako dari Pelabuhan Wayame Ambon.

Namun penyaluran BBM ke semua SPBU kini mulai lancar kembali sejak Selasa (24/10) setelah sebelumnya terjadi antrean panjang kendaraan bermotor untuk mengisi BBM.

Guna mencegah pembelian BBM secara berlebihan, Polres Mimika mengerahkan dua personel untuk mengawasi penjualan BBM di setiap SPBU. Pengawasan serupa juga dilakukan oleh jajaran Disperindag Mimika dengan menurunkan petugas ke semua SPBU.

 

BACA JUGA :  Pertamina Dirikan Taman Pintar Di Jayapura

Red/Papuatoday.id

 

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: