TNI Tanamkan Wawasan Kebangsaan 311 Pelajar SMP Wamena

 

Wamena, Papuatoday.id – Anggota TNI yang bertugas di Yonif 756 Wimane Sili, di Kabupaten Jayawijaya, Papua, menanamkan wawasan kebangsaan sebanyak 311 siswa SMP Negeri 1 Wamena yang mendatangi markas mereka.

Danyonif 756 Wimane Sili Mayor Infanteri Arief Budi Situmeang di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (27/10), mengatakan ratusan siswa yang hampir menghabiskan waktu sehari di Markas TNI itu dibekali berbagai pengetahuan.

“Pagi tadi kami berikan jam motivasi, kelas wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme, nasionalisme selama kurang lebih satu setengah jam,” ungkapnya.

Siswa dan siswa SMP ini kemudian didampingi oleh personel Wimane Sili untuk bermain 10 wahana yang memiliki nilai motivasi dan kerjasama serta kepedulian.

“10 wahana yang kita siapkan semuanya sudah terstandarisasi oleh dinas phiskologi angkatan darat untuk menumbuhkan kepercayaan diri, kerjasama tim, dan tidak membuat diri dominan atau menonjol di timnya,” ujarnya.

Ia mengatakan selama ini pihaknya membuka diri terhadap semua lapisan masyarakat untuk kegiatan pembinaan seperti yang dilakukan.

Tetapi. memang masih ada sebagian orang yang memandang batalyon sebagai tempat angker, seram sehingga tidak berani datang ke sana.

“Tetapi hari ini mereka kenal sendiri dan mereka sangat menikmati keceriaan. Semua yang tadinya mereka pikir di luar (seram, angker), ketika sampai di dalam tidak seperti itu. Justru di sini menjadi wahana permainan karena kita sampaikan TNI adalah milik rakyat,” jelasnya.

Kepala SMP Negeri 1 Wamena Yemima mengatakan sebenarnya ditargetkan 400 orang yang hadir pada kegiatan yang berlangsung di Batalyon 756 tersebut.

“Tetapi yang bisa ikut adalah 311 orang yang terdiri dari siswa, para guru, pembina pramuka,” terangnya.

 

BACA JUGA :  Pendidikan di Kwamki Narama Memprihatinkan

Ia mengatakan fasilitas bermain yang disediakan oleh TNI sesuai dengan yang dibutuhkan yaitu untuk pembentukan karakter, peduli sesama, bekerjasama, cinta lingkungan dan tidak egois.

“Kami menyampaikan terimakasih untuk komandan batalyon beserta semua jajaran dan pendamping yang menjadi pembina bagi anak-anak di hari ini. Ada 40 pembina dan ini luar biasa sebab apa yang kami tidak bayangkan, bisa terjadi hari ini,” pungkasnya.

Red BTX / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: