Kampung Enggros Menuju Kampung Wisata Di Papua

 

 

Jayapura, Papuatoday.id Menuju kampung wisata, ada empat pilar yang harus dilakukan Kampung Engros diantaranya, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan UMKM, dengan begitu Kampung Enggros bisa terus berkembang.

Untuk itulah Astra Motor Papua selaku main dealer sepeda motor Honda di Papua dan Papua Barat ikut berpartisipasi memberikan pelatihan UMKM dengan tema “Berbagi dan Diskusi Bersama UMKM Kampung Enggros”.

Kegiatan ini diikuti 15 kelompok usaha rumahan seperti pedagang toko kebutuhan sehari-hari, pelaku budi daya ikan bandeng, mama-mama pembuat kerajinan noken (tas rajutan khas Papua), dan lain sebagainya.

Para pelaku usaha ini sangat semangat mendengarkan setiap dari pembicara Mosez Lawa yang juga selaku Branch Head Astra Motor Tanah Hitam. Dalam arahan mengajak bagaimana para pelaku usaha tetap berfokus pada customer dan layanan. Sebab menurutnya, dua hal itu yang akhirnya mempengaruhi sustainability bisnis ataupun usaha yang digeluti siapapun.

Salah satu peserta pelatihan UMKM, Mama Nela Merodje mengatakan, melalui kegiatan itu sangat membekali dirinya dan warga sekitar yang tergabung dalam UMKM Kampung Enggros, dimana sebelumnya belum begitu memperdulikan proses stok masukan dan keluaranya serta distribusinya.

Maka melalui pelatihan dan kunjungan ini, kata Mama Nela, jelas membuka wawasanya untuk lebih meningkatkan proses distribusi maupun kelengkapan stok dan bagaimana proses pemasarannya.

“Pelatihan ini kami rasa sangat bagus, karena selama ini yang kami tahu berjualan saja dan yang penting kitong (kami) punya jualan ini laku,” ungkap Mama Nela disela-sela kegiatan, Sabtu (27/10).

Kepala Kampung Enggros Orgenes Meraudje sangat memberikan respon positif bagi siapa saja yang ingin memberikan kontribusi, khususnya pada pelatihan UMKM.

“Kami rasa kegiatan dari Astra Motor Papua bersama FIFGroup Jayapura sangat positif sekali. Jadi kami berharap ke depannya banyak kegiatan serupa dilakukan dikampung agar meningkatkan semangat dan keinginan warga kampung untuk terus berkembang,” ungkapnya.

 

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Gelar Komunikasi Sosial Dengan Tokoh Agama

Perwakilan Management Astra Motor Papua dan Papua Barat, Ronny Natsir menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian dalam mendukung program pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementeriaan Desa.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Astra Group terhadap pemerataan pembangunan desa, khususnya Kampung Enggros. Kami berharap Kampung Enggros bisa menjadi kampung wisata di wilayah Papua dan menjadi pusat destinasi pariwisata terbaik di Kota Jayapura dan Papua,” harapnya.

Red BTX / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: