Kemendes Percepat Pembangunan Desa di Papua dengan PPDM

Jayapura, Papuatoday.id – Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes PDTT) tengah mendorong percepatan pembangunan desa melalui program Pendamping Pembangunan Desa Mandiri (PPDM) di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Tujuan program ini dilakukan untuk meretas kemiskinan dan membuat desa-desa di wilayah paling timur Indonesia ini mampu menciptakan masyarakat yang maju dan mandiri.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjono mengungkapkan, program pembangunan desa mandiri ini telah diatur oleh Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) melalui penggunaan dana desa di Papua dan Papua Barat. Jumlah desa di wilayah ini sebanyak 224 kampung .

Lebih lanjut dikatakan Eko, melalui program ini, capaian 2018 ini, Papua dan Papua Barat mampu meningkatkan jumlah kelompok tani, saat ini ada 610 kelompok tani yang tadinya hanya ada 18 kelompok.

“Harapannya PPDM ini dilanjutkan, karena program ini memberikan rasa sejahtera di kampung-kampung khususnya di tanah Papua,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampunh Provinsi Papua Barat, Jhoni Rumbruren di Uproom, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (29/10).

“Tantangan paling besar adalah bagaimana kita memberikan pemerataan pembangunan ke seluruh pelosok di indonesia sehingga tidak ada lagi daerah tertinggal dan tidak ada lagi masyarakat miskin di Indonesia,” ujar Eko Putro Sandjono, saat ditemui Senin, (29/10).

Pemerintahan Jokowi mengucurkan dana desa untuk melakukan pembangunan desa-desa terpencil ke hampir seluruh desa di indonesia. Sebagai informasi, desa-desa miskin diberikan dana desa sebesar Rp800 juta sampai Rp1 miliar lebih.

“Saya yakin di Papua dana desanya atau dana kampungnya lebih dari Rp800 juta. Rata2 berapa? Di atas Rp1 miliar,” ujarnya lagi.

 

BACA JUGA :  Bandara Wamena Perkirakan Seribuan Penumpang Mudik Setiap Hari

 

Red AWY / Papuatoday.id

 

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: