Doa bagi Papua tersemat di HUT MRP ke-13

Jayapura, Papuatoday.id Peringatan hari budaya Papua ke XIII dan hari ulang tahun Majelis Rakyat Papua (MRP) yang ke 13 berlangsung di kantor MRP Kotaraja, Rabu (31/10/2018) dengan doa bersama dan pemotongan kue oleh ketua MRP Timotius Murib.

Perayaan hari budaya Papua tahun ini bertemakan “Bersama MRP Bangkit Selamatkan Tanah, Hutan  dan Suku Bangsa Pribumi di Papua”. Sedangkan sub temanya yakni “Melalui Hari Budaya Papua ke-13 mari kita wujudkan perlindungan, keberpihakan dan pemberdayaan suku bangsa Papua dan budayanya”.

Dalam sambutannya Ketua MRP Timotius Murib mengatakan tema hari budaya Papua tahun ini sejiwa dengan tema kerja MRP periode ke-3 selama lima tahun masa kerja yakni penyelamatan tanah dan manusia Papua. 

“Tema ini dimaksudkan untuk memotivasi dan memberikan semangat bagi MRP dalam melaksanakan seluruh tugas, tanggung jawab dan kewenangan yang di berikan kepada MRP,” ujar Murib.

Ia menambahkan, meskipun MRP mempunyai keterbatasan dalam tugas, kewenangan dan tangung jawab, namun dalam waktu dekat ini MRP akan memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap enam rancangan Perdasus yang disampaikan oleh Pemerintah provinsi Papua melalui DPRP yakni Raperdasus tentang perubahan atas perdasus nomor 25 tahun 2013 tentang pembagian dana Otsus, penyelengaraan agama, pertambangan rakyat, perlindungan dan pemberdayaan nelayan orang asli Papua dan masyarakat adat. 

“Harus diakui bahwa MRP sebagai lembaga representasi kultural orang asli Papua dalam melaksanakan tugas, kewenangan dan tanggung jawabnya menghadapi berbagai kendala antara lain keterbatasan kewenangan yang diperintahkan oleh regulasi MRP  sehingga banyak aspirasi yang tertampung belum juga di akomodir lalu di realisasikan,” ujar Timotius Murib.

Sementara itu, Presiden GIDI Dorman Wandikbo dalam khotbahnya menaruh harapan agar MRP mampu melindungi orang asli Papua di tanahnya sendiri, sesuai dengan tupoksi sebagai lembaga representasi kultural bagi orang asli Papua.

 

BACA JUGA :  Bea Cukai Papua Tandatangani Nota Kesepahaman Penggunaan Rupiah di Perbatasan Papua

 

Red AWY / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: