Penerimaan CPNS di Papua Tunggu Petunjuk Teknis Kemenpan RB

Timika, Papuatoday.id Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/ASN) 2018 di Provinsi Papua hingga kini masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Mimika, Paskalis Kirwelakubun, di Timika, Rabu (31/10), mengatakan bahwa Kemenpan RB belum memberikan petunjuk mengenai usulan seleksi CPNS di Papua dilakukan secara offline. 

Gubernur Papua Lukas Enembe, katanya, sudah melakukan pertemuan dengan Menpan RB Syafruddin dan berjanji akan mengundang kembali Sekretaris Daerah bersama Kepala BKD se-Papua untuk membicarakan hal teknis penerimaan CPNS. 

“Tapi sampai hari ini belum ada informasi. Prinsipnya kita menunggu saja, persoalan ini dari online ke offline. Kepala BKD Provinsi Papua juga menyampaikan bahwa sampai hari ini belum ada informasi dari Kemenpan RB,” ujar Paskalis. 

Ia meminta calon pendaftar CPNS di Mimika agar bersabar menunggu proses ini, sebab pemerintah pusat sepertinya lebih dulu berfokus pada seleksi CPNS secara online. 

“Jadi mohon bersabar menunggu kabar dari Kemenpan, apakah penerimaan CPNS jadi atau tidak,” ujarnya.

Ia memastikan keterlambatan ini tidak ada kaitannya dengan wacana revisi UU ASN untuk mengakomodir tenaga honorer/kontrak menjadi PNS atau pegawai tetap negara.

Adapun kuota CPNS untuk Mimika tahun ini, kata Paskalis, hanya 300 formasi sehingga kembali dibicarakan dengan pemerintah pusat mengingat sebelumnya diusulkan lebih dari seribu formasi. 

“Memang tentu saja yang diprioritaskan pasti putra daerah Papua. Tapi orang yang mendaftar ada persyaratan, usia, formasi, dan daftar secara online. Inilah yang masih dibicarakan,” ujarnya. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Ausilius You mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menginstruksikan kepada MenPAN-RB Syafruddin untuk membuat ketentuan khusus mengenai jadwal maupun formasi CPNS untuk Papua. 

“Untuk CPNS ini bapak presiden akan menginstruksikan kepada MenPAN-RB apakah nantinya seperti apa, itu dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya. 

You menerangkan, pendaftaran CPNS di Papua akan dilakukan serentak secara khusus tanpa mengikuti jadwal nasional yang telah berakhir pada 15 Oktober 2018.  

“Tidak (mengikuti jadwal nasional). Papua sendiri, yang pasti penerimaan CPNS nantinya itu akan dilaksanakan serentak untuk Papua,” ujarnya.

 

BACA JUGA :  Pabrik petatas di Keerom diharapkan beroperasi akhir 2019

 

Red AWY / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: