PON XX Papua, Kemenkes: Dukungan kami tak hanya fisik, juga SDM

Jayapura, Papuatoday.id Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mengaku siap mendukung perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, yang akan diselenggarakan di Papua.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengatakan dukungan yang diberikan pihaknya bukan hanya dalam bentuk fisik saja, melainkan bagaimana persiapan sumber daya manusia (SDM), keamanan makanan hingga kesehatan lingkungan. 

“Tadi kami sudah membahas semua itu dengan jajaran pemerintah provinsi Papua, apalagi venue PON ada di beberapa kabupaten/kota, sehingga harus ada posko kesehatan,” ujar Nila kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe beserta staf, di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Mengenai posko kesehatan, harus dibangun sesuai dengan cabang olahraga yang diperlombakan, seperti halnya di Kabupaten Biak yang akan menjadi tempat pelaksaan selam. Untuk itu, teknisnya akan dibicarakan lagi dengan dinas kesehatan Papua dan Kementerian Kesehatan.

“Yang jelas kesehatan adalah salah satu faktor utama yang dibutuhkan dalam perhelatan PON Papua,” ujarnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan PON harus dipersiapkan dan dipikirkan baik-baik oleh seluruh jajaran pemerintahan, mengingat iven empat tahunan ini cakupannya cukup besar.

“Dengan iven ini tentu bisa mengangkat Papua untuk lebih terbuka secara nasional, sehingga harus dipersiapkan dengan sangat baik,” ujar Menkes Nila Moeloek.

 

BACA JUGA :  Pabrik petatas di Keerom diharapkan beroperasi akhir 2019

 

Red AWY / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: