Bappeda: Luas Hutan Papua Terus Berkurang Setiap Tahun

Jayapura, Papuatoday.id Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad mengatakan luas hutan di Bumi Cenderawasih terus berkurang setiap tahun, akibat adanya pembukaan lahan untuk perkebunan, kehutanan dan pertambangan, selain ulah pihak tertentu yang menebang pohon di kawasan hutan demi mendapatkan keuntungan.

“Hal ini dikarenakan adanya pembukaan lahan baik di bidang perkebunan, kehutanan serta sektor pertambangan,” kata Musaad, di Jayapura, Rabu.
   
Menurut Musaad, meski komitmen pemerintah daerah dalam mempertahankan hutan sangat tinggi, namun tingkat kerusakan pun mulai meningkat.
   
“Kondisi ini disebabkan oleh kondisi pembangunan kini yang sekitar 79 persen di antaranya masih pada aspek ekstraktif, artinya, masih berkisar pada bagaimana menyiapkan bahan mentah lalu menggantungkan hidup terutama di  bidang sumber daya alam,” ujarnya.
   
Dia menyontohkan adanya aktivitas pertambangan, penebangan kayu dan lainnya, dan hal itu disadari harus mulai dikurangi, dan ditingkatkan pada aspek lain yang berkelanjutan supaya tidak mengganggu serta mengancam potensi hutan juga SDA yang seharusnya menjadi bagian dari penyelamatan terhadap potensi daerah.
   
“Baru-baru ini perizinan pengelolaan hutan maupun pertambangan kini dialihkan kewenangannya dari kabupaten dan kota ke provinsi, pasalnya ketika masih dikelola daerah, ekspansi atau pemanfaatan hutan untuk lahan produksi sangat cepat sekali,” katanya. 
   
Sementara itu, Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Papua Maruli Tua mengatakan sejak Desember 2017, KPK mulai fokus pada penyelamatan pegelolaan hutan di Bumi Cenderawasih di mana kini, Kabupaten Sarmi menjadi wilayah yang cukup diperhatikan karena memiliki potensi kayu yang baik.

KPK  juga mendorong Pemerintah Provinsi Papua untuk lebih fokus pada upaya penyelamatan pengelolaan hutan Bumi Cenderawasih yang belakangan ini presentasenya mulai berkurang.

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: