Dinkes Papua Berupaya Tingkatkan Imunisasi MRP

 

 

 

 

 

 

Jayapura, Papuatoday.id –  Dinas Kesehatan Provinsi Papua terus berupaya meningkatkan capaian imunisasi Measles-Rubella serta Polio (MRP) di kabupaten yang cakupan imunisasinya masih rendah yakni Kabupaten Nduga, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Aaron Rumainum di Jayapura, Kamis (01/10), mengatakan Dinas Kesehatan sudah menyurati maskapai penerbangan Association Mission Aviation (AMA) untuk menyiapkan penerbangan di enam titik di Pegunungan Bintang dan Nduga yaitu di Okbab, Bime, Epumek, Weme, Mofinop dan Murkip.

“Kami minta jadwal keberangkatannya pada 30 Oktober 2018 sampai 10 November 2018 dan harus dapat menjangkau enam titik itu, dan dua tim akan diberangkatkan,” ujarnya.

Namun demikian, meski pihaknya telah menentukan tanggal namun namun tergantung jadwal yang dibuat oleh maskapai penerbangan AMA kapan keberangkatan.

Tujuan keberangkatan tim ke sana untuk membantu pelaksanaan imunisasi Measles-Rubella serta Polio (MRP) baik didaerah perbatasan maupun bukan daerah perbatasan, karena ini juga merupakan sumbangsih dari Pemerintah Provinsi Papua.

“Dinas Kesehatan Papua juga sudah menyurat kepada Menteri Kesehatan bahwa sebenarnya Dinas Kesehatan Papua mau membantu imunisasi di Kabupaten Nduga yang cakupannya masih sekitar tujuh persen,” ujarnya.

 

BACA JUGA :  Persipura Berbagi Kasih Di Panti Asuhan & Pondok Pesantren

Aaron menyebutkan, capaian imunisasi di daerah ini rendah karena bentrokan antara masyarakat dengan pemerintah setempat dan masyarakat dengan masyarakat sehingga transportasi pesawat berbadan kecil yang masuk kesitu tidak mau lagi melayani daerah ini.

Selain itu, United Nations Children`s Fund (UNICEF) juga sudah mengirimkan dua tim ke Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang untuk membantu pelaksanaan imunisasi MRP di dua daerah tersebut. Kabupaten Yahukimo juga merupakan salah satu kabupaten yang capaian imunisasinya masih rendah.

Red BTX / Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: