KPPPA Kampanyekan Belajar Luar Kelas Di Jayapura

Jayapura, Papuatoday.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) tengah mengkampanyekan “Outdoor Classroom Day (OCD)” atau belajar di luar kelas bagi sekolah-sekolah di Jayapura, Ibu kota Provinsi Papua.

Asisten Deputi Pemenuh Hak Anak Atas pendidikan, Kreatifitas dan Budaya KPPPA, Elvi Endrani di Jayapura, Kamis menjelaskan kegiatan tersebut secara serentak diselenggarakan di seluruh dunia oleh 128 Negara, di mana jutaan anak dari ribuan sekolah turut mengambil bagian dalam kampanye ini.

“Indonesia merespons baik kampanye global tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Belajar di luar kelas ini dilakukan di Indonesia secara serentak pada 1 November ini selama 3 jam (jam 7-10 waktu setempat),” ujarnya.

Menurut dia belajar sehari di luar kelas merupakan kampanye global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas, minimal 90 menit setiap hari.

Dalam pelaksanaannya, OCD diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dengan mengusung berbagai tema, seperti adaptasi perubahan iklim), perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional.

Dengan cara belajar di luar kelas ini, diharapkan mampu meningkatkan kesehatan anak, melibatkan anak dalam pembelajaran, mengajak anak turut melestarikan permainan tradisional, serta mendorong keterikatan anak dengan alam, katanya.

Elvi mengharapkan OCD bisa menjadi kegiatan rutin di seluruh sekolah yang ada di Indonesia agar anak-anak bisa dapat menikmati kehidupan masa kecilnya sekaligus belajar berbagaipengetahuan yang tidak diberikan di dalam kelas.

Program OCD terselenggara atas kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama dan didukung enam pemerintah daerah, yaitu Kota Tangerang Selatan, Bukit Tinggi, Balik Papan, Manado, Ambon dan Jayapura.

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: