PLN Segera Jual Listrik Ke Papua Nugini

Jayapura, Papuatoday.id – PT PLN (Persero) segera menjual listrik ke Papua Nugini (PNG) sebesar 2 megawatt (MW) sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan PNG pada 2015.

“Penjualan listrik ke negara tetangga itu, saat ini kita masih dalam tahap pembagunan jaringan dari PLN Indonesia ke perbatasan PNG,” ujar Manajer PLN Area Jayapura Jon Semuel Yarangga, di Jayapura, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa kini kedua negara bertetangga itu sedang melakukan proses perjanjian Memorandum of Understanding (MoU), dan realisasinya diyakini akan dilakukan penandatanganan pada bulan ini.

Oleh karenanya, PLN tengah berupaya mempercepat proses pembangunan infrastruktur kelistrikan ke arah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura.

“Saat ini, pengerjaan jaringan ke PNG itu sedang kita kebut, baik itu dari sisi kehandalannya maupun dari segi kebersihan jaringan itu sendiri,” kata dia.

Jon menegaskan bila penjualan listrik tersebut terealisasi, pasokan energi untuk kawasan Jayapura tidak akan terganggu karena saat ini tengah terjadi surplus daya hingga 25 MW.

Menurut dia, pemerintah PNG hanya meminta daya sebesar 2 MW untuk Kota Vanimo yang berbatasan langsung dengan Kota Jayapura.

“Pembicaraan kita sudah kita lakukan selama 4 kali, dua kali di Jayapura dan dua kali juga di Jakarta. Dan untuk urusan bayar-membayarnya, sepenuhnya hal itu akan menjadi urusan kedua negara, PLN sifatnya hanya mensuplai listrik,” katanya.

 

BACA JUGA :  Puluhan Jurnalis di Papua Ikut FGD Politik dan Perempuan

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: