Mengurangi Pengangguran Di Kota Jayapura Melalui Pelatihan Komputer

Jayapura, Papuatoday.id Masalah ketenagakerjaan ke depan semakin kompleks karena pertumbuhan pencari kerja cenderung tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja.

Oleh karena itu, guna meningkatkan keterampilan kerja, Dinas Tenaga Kota Jayapura menyelenggarakan pelatihan keterampilan komputer khususnya bagi pencari kerja orang asli Papua.

Palatihan tersebut melibatkan empat LPK dengan diikuti sebanyak 52 peserta, yang dilaksanakan di masing-masing LPK selama 20 hari. Materi yang diajarkan berupa exel, power poin dan lain-lain.

“Pelatihan ini bertujuan menambah ilmu dan mengurangi pengangguran,” tutur Kadisnaker Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si dalam acara penutupan pelatihan keterampilan komputer khususnya bagi pencari kerja orang asli Papua di aula PKK Kota Jayapura, Jumat (02/11).

Kepada para peserta yang sudah mengikuti pelatihan, Djonis menghimbau hendaknya ilmu dan pengalaman yang sudah diperoleh dapat diaplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat, berdaya guna dan berhasil.

“Ke depan yang tidak terampil bisa tersisih. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan skill serta sikap agar bisa bersaing. Kami tidak hanya fokus satu pelatihan saja, tapi juga ke depan ada pelatihan las, tenaga perhotelan, dan otomotif,” jelas Djoni.

Tak lupa, Djoni menyampaikan rasa terima kasih kepada LPK yang sudah berpartisipasi, agar terus meningkatkan kerja sama kepada pemerintah Kota Jayapura.

“Yang sudah mengikuti pelatihan, sesuai janji saya akan diikutkan magang pada perkantoran dan perhotrelan selama satu bulan,” ungkap Djoni.

Selain itu, Djoni menghimbau kepada para pencari kerja di Kota Jayapura hendaknya tidak terfokus pada lowongan pekerjaan yang ada, akan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

 

BACA JUGA :  Kemendes Kenalkan HaloHola Akses Pendidikan di Daerah Tertinggal

Seorang peserta pelatihan bernama Agustinus Merauje dari LPK Sentra mengaku selama mengikuti kegiatan mendapatkan ilmu dan memperat tali persaudaraan.

“Menambah wawasan tentang pemahaman komputer. Kami juga diajarkan beretika, bertutur kata yang baik, berpakaian yang baik, tepat waktu,” pungkas Agustinus.

Red BTX/ Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: