Selamat Merayakan Hari Natal 25 Desember 2018 & Menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2019

Program Binmas Noken Polri Bantu Kesejahteraan Warga Pedalaman Papua

Oksibil, Papuatoday.id – Masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang dapat bantuan bibit ternak babi sekaligus diberi pelatihan implementasi budidaya ternak babi dengan benar.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Binmas Noken Polri untuk membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat Papua dengan melihat dan memanfaatkan potensi dari daerah itu sendiri.

Kegiatan ini dihadiri Kasatgas Binmas Noken Polri, Kombes Polisi Eko Sudarto didampingi Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan, Profesor Kikie, Dokter Hewan Narson Wenda dan beberapa instansi pemerintahan di Aula Polres Pegunungan Bintang, Kota Oksibil.

Dihadapan puluhan masyarakat penerima ternak babi, Eko Sudarto bercerita sebelumnya Polri memiliki program bernama Binmas Pionir tetapi kegiatannya hanya berfokus kepada anggota Polri saja. “Kegiatannya itu Polisi berlatih dan beternak sendiri, berharap masyarakat bisa meniru apa yang dilakukan oleh Polisi,” ungkap Eko.

Eko mengatakan, program Binmas Noken Polri ini merupakan gagasan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dulunya pernah menjabat di Papua dan mengetahui betul apa yang dialami dan dirasakan oleh masyarakat Papua.

Sehingga untuk membantu kesejahteraan masyarakat asli Papua, khususnya yang berada di pedalaman, diciptakanlah program Binmas Noken Polri dengan harapan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat asli Papua.

“Jika dibanding dengan APBD dan sumberdaya pemerintah memang tak seberapa. Binmas Noken Polri ingin bersama dengan pemerintah daerah bisa merangkul dan memberikan apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Dalam pembagian bibit ternak babi ini masyarakat dibagi perkelompok, satu kelompok terdiri dari 10 kepala keluarga yang akan merawat 10 ekor babi.

Silvia Kasekmabe, warga Kampung Okmakot peserta pelatihan sekaligus penerima bibit ternak babi dikesempatan itu mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan Binmas Noken Polri kepada masyarakat Pegunungan Bintang.

“Ini sangat bagus, kita diberi babi dan diajar untuk rawat babi dengan baik. Babinya juga dibuatkan kandang yang bagus jadi kita bisa gampang beri makan dan bersihkan,” ungkapnya.

Dr. Narson Wenda menyampaikan, dalam pelatihan ini masyarakat diajarkan tentang dasar-dasar pelihara ternak babi mulai dari memberi pakan dan perawatannya.

“Kami ajarkan cara penanganan jika ternak itu sakit dan pencegahan agar tak gampang sakit. Jenis ternak babi yang cocok di daerah pegunungan yaitu jenis Duroc sebab cepat menyesuaikan lingkungan dan perkembangannya bagus,” jelasnya.

 

BACA JUGA :  Juli-September, Jumlah Pencari Kerja di Kota Jayapura Meningkat

Menurut Dr. Narson, program Binmas Noken Polri ini sangat bagus sebab pada umumnya jika masyarakat diberi uang tak akan bisa bertahan lama, tetapi dengan cara ini masyarakat dapat kelolah bahkan sampai turun temurun.

Dikesempatan itu, Dr. Narson juga menyampaikan apresiasinya kepada Binmas Noken Polri yang sudah peduli kepada masyarakat Papua.

“Saya mewakili Dinas Peternakan Papua menyampaikan banyak terimakasih, semoga tak hanya sampai disini tetapi detempat lain dan dibidang lain juga bisa diperhatikan,” tuturnya.

Red BTX/ Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: