Momentum Kebangkitan

Jayapura, Papuatoday.id – Kemenangan Persipura Jayapura atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-28 Liga 1 2018 menjadi modal penting anak-anak Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura menghadapi laga berat pekan ke-29, Minggu (4/11) besok.

Laga derby Indonesia Timur yang dipastikan berlangsung sengit di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, akan momentum kebangkitan Boaz Solossa dan kawan-kawan yang belum pernah mencicipi kemenangan di luar kandang musim ini.

Pelatih Kepala Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa mengakui laga tandang kali ini akan menjadi momentum bagi Persipura Jayapura untuk mematahkan tren negative mereka saat bermain di luar Mandala.

“Kita tahu PSM tim kuat, sekarang dia di atas. Tetapi kita juga butuh kemenangan untuk naik. Kita datang bermian untuk menang.  Saya percaya dengan pemain Persipura dan semua punya semangat yang tinggi. Kita akan main bagus untuk bisa menang,” tegas Osvaldo Lessa saat dihubungi Cenderawasih Pos via ponselnya, Jumat (2/11).

Semenjak Lessa ditunjuk menjadi pelatih kepala, pelatih asal Brasil itu telah melewatkan dua laga tandang dengan hasil sekali kalah dan sekali imbang.

Berkaca dari situ, Lessa tidak ingin kembali kehilangan tiga poin, meskipun mereka harus menghadapi calon juara musim ini. “Kita menang dengan Persebaya, percaya diri pemain mulai naik. Performa tim sekarang sudah bagus, kita tinggal bermain kompak dan pasti kita menang,” ujarnya.

Dalam laga super big match ini, Lessa tidak bisa menurunkan salah satu pemain andalannya, Ian Kabes yang masih dibekap cidera hamstring. Tak hanya itu, Persipura juga diragukan tampil tanpa sang kapten Boaz Solossa dan gelandang enerjiknya Imanuel Wanggai yang masih menjalani pemulihan cidera.

“Kabes tidak ikut rombongan, Boaz dan Manu kita bawa, mereka terus mengikuti terapi. Kita akan lihat perkembangannya besok (hari ini, red). Apakah bisa main atau tidak,” katanya.

Kendati demikian, Lessa dapat menerapkan opsi lain jika memang kedua pemain andalannya itu tidak dapat merumput dalam laga ini.

“Mungkin kita bisa pakai Andri Ibo dan Addison Alves untuk gantikan keduanya jika memang tidak bisa bermain. Karena kita juga tidak ingin paksakan, kita masih punya pertandingan kedepan,” jelasnya.

Meskipun demikian, Lessa masih memiliki amunisi muda yaitu Gunansar mandowen dan Todd Rivaldo Ferre yang tampil impresif ketika mengalahkan Persebaya Surabaya. “Todd bisa main, Gunansar juga. Kita akan lihat pada persiapan terakhir, siapa yang benar-benar siap untuk bermain,” ujarnya.

Lessa mengakui kehadrian Gunansar dalam skuadnya dapat membantu transisi menyerang. Sebab Lessa menegaskan bahwa mereka hanya mematok kemenangan dalam laga ini untuk mendongkrak posisi mereka ke papan atas.

“Pemain Persipura tidak suka bertahan. Mereka selalu berlari dari awal hingga akhir pertandingan. Mereka memiliki semangat untuk cetak gol. Gunansar masih muda dan punya kecepatan. Kita butuh pemain cepat saat menyerang,” tegasnya.

Selain itu, Lessa juga mengantisipasi kebangkitan tuan rumah pasca kekalahan 3-0 dari Madura United pada pekan lalu. “PSM juga pasti butuh kemenangan setelah kalah, dan kami juga akan antisipsai itu,” tandasnya.

Sementara itu, pelatih kepala PSM Makassar Rene Alberts mengatakan bahwa mereka telah melupakan kekalahan dari Madura United dan siap bangkit untuk menggantikan poin yang direbut oleh Madura United. “Kita akan mati-matian saat menghadapi Persipura, kita akan ngotot menang,” jelasnya.

Terkait absennya salah satu pemain asingnya Steven Paulle yang menjalani hukuman akumulasi kartu, Rene mengakui menjadi pekerjaan berat bagi timnya dalam laga ini. Tetapi pelatih asal Belanda ini mengaku telah memiliki solusi mengatasi absennya pemain andalannya tersebut.

“Steven menjadi pemain penting bagi tim ini, dan sudah melakukan hal-hal yang baik. bagaimana pun kita harus tetap main tanpa dia. Saya sudah siapkan penganti yang bagus,” terangnya.

Selain Steven Paulle, Ferdinan Sinaga, Hasyim Kipuw dan Zulham Zamrun juga diragukan tampil dalam laga ini. Sebab ketiga pemain ini masih menjalani pemulihan cidera. “Besok (hari ini, red) kita kan lihat perkembangannya,” katanya.

Rene juga mewaspadai pemain-pemain muda Persipura Jayapura yang dianggap mampu membahayakan lini pertahanan mereka yang tanpa kawalan Steven Paulle.

“Persipura tim yang memilik pemain individual yang bagus. Sekarang mereka juga dalam proses pencampuran dan pemain mudanya juga tidak kalah bagusnya,” tutupnya. 

 

BACA JUGA :  Telkomsel Hadirkan 3G/4G Di Yahukimo Dan Mamberamo Raya

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: