Gubenur Papua Lanjutkan Road Show Bertemu Tiga Menteri

Jayapura, Papuatoday.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) pekan ini melanjutkan road show Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020  ke tiga menteri antara lain Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Koordinator Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI). Safari kerja Gubernur Papua beserta rombongan ke kementerian tersebut untuk koordinasi dukungan terhadap penyelenggaraan PON XX dan Peparnas tahun 2020 di Papua.

“Minggu depan bapak Gubernur akan melanjutkan road show ke Kementrian Perhubungan, Kementrian PMK, Kementrian Keuangan. Demikian info yang perlu disampaikan kepada semua masyarakarat tentang kerja percepatan yang dilakukan oleh Bapak Gubernur Papua,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinanen, dalam press release Humas KONI Papua, yang diterima, Minggu (4/11/2018).

Lebih lanjut Sekda mengataakan pekan lalu Gubernur Papua, Lukas Enembe, beserta rombongan telah melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri dan pejabat di Pemerintah Pusat, yakni pada Selasa (30/10/2018) Gubernur bersama rombongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam kesempatan tersebut Menteri PUPR menyampaikan dukungan untuk membantu menyukseskan PON XX tahun 2020 dan PEPARNAS XVI.

Sedangkan empat venue yang kata Sekda diperintahkan dibangun melalui Instruksi Presiden (Inpres) nomor 10 Tahun 2017 yang sudah ditandatangani kontraknya adalah Istora sedangkan venue Kriket, Hoki, dan Aquaticditandatangani, Rabu (31/10/2018).

Road show dilanjutkan ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kedua kementerian mendukung PON dan Peparnas dengan mengarahkan perhatian terhadap program yang berada di enam cluster penyelenggara dan empat cluster penyangga.

Lebih lanjut kata Sekda Papua, Menteri Kesehatan RI,  Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, mengatakan kementeriannya siap mendukung penyelenggaraan PON dan dan Peparnas di Papua.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Papua dan rombongan, kata Sekda Papua, telah disepakati akreditasi rumah sakit di lima kluster PON Papua (Jayapura, Biak Numfor, Jayawijaya, Mimika, dan Merauke) termasuk kabupaten-kabupaten penyangga (Kabupaten Keerom, Supiori, Kepulauan Yapen, dan Tolikara) wajib dilakukan. Penyiapan fasilitas kesehatan untuk penanganan gawat darurat dan jaminan kesehatan terutama sanitasi dan gizi bahan makanan untuk PON, serta penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di seluruh kluster.

 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Bambang Brodjonegoro, menyatakan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua. Dukungan konkrit dari Bappenas adalah kementerian tersebut dalam waktu dekat akan menyiapkan skema penganggaran untuk mendukung pembangunan venue dan fasilitas PON.

Lanjutan road show, Kamis (1/11/2018) di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI) dan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora). Kepala BPKP RI, Ardan Adiperdana, usai menerima kunjungan kerja Gubernur Papua menyatakan kesiapannya membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam mengawal akuntabilitas pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyatakan mendukung suksesi PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 dengan mengirimkan peralatan pertandingan yang digunakan pada Asian Games dan Asian Para Games ke Papua.

Jumat (2/11/2018), Tim Disorda Papua, KONI Papua, dan BAPPEDA menidaklanjuti pertemuan bersama Sesmen Kemenpora terkait hibah peralatan dan Desk Papua Bappenas untuk mensinkronkan program di kementrian atau lembaga.

KONI Papua apresiasi

Sementara itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mengapresiasi road show Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang dipelopori Pemerintah Provinsi Papua. Terobosan ini diharapkan dapat memacu percepatan pembangunan venue sekaligus dukungan peralatan tanding sehingga atlet-atlet Papua dapat mempersiapkan diri menghadapi kedua iven tersebut.

“Kami mengapreasi langkah dan terobosan yang dilakukan bapak gubernur dan jajarannya lewat road show PON dalam mendorong percepatan pembangunan venue PON maupun dukungan peralatan tanding Asian Games yang nantinya digunakan di Papua,”ungkap Kenius Kogoya, Sabtu (3/11/2018), di Jakarta, dalam press release tersebut.

Kenius mengatakan terobosan Pemprov Papua itu merupakan langkah konkrit mendukung pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI di Bumi Cenderawasih. Road show Gubernur Papua dan rombongan  ke Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI), dan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) menggambarkan dukungan pemerintah agar PON Papua dilaksanakan dengan baik dan menjadi sejarah.

“PON Papua adalah sejarah dan dukungan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Papua patut diberikan apresiasi,”ujar Kenius. 

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: