Pemkab Biak Numfor Renovasi RSUD Terkait Persiapan PON 2020

Biak,Papuatoday.id – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan merenovasi fasilitas rawat inap dan rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat terkait kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Papua.

Pelaksana tugas Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Selasa, mengatakan renovasi fasilitas gedung RSUD Biak akan mendapat dukungan anggaran dari Kementerian Kesehatan.

“Kabupaten Biak Numfor masuk menjadi claster tempat pertandingan PON 2020, sehingga fasilitas rumah sakit harus diperbaiki untuk menjawab kebutuhan pelayanan pasien saat penyelenggaraan pekan olahraga empat tahunan di Indonesia,” katanya.

Dia berharap dengan adanya renovasi gedung rawat inap dan rawat jalan di RSUD Biak diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat setempat.

Ia mengakui selain dukungan anggaran dari Kementerian Kesehatan pihak Pemkab Biak Numfor akan mendapat suntikan dana pembangunan insfrastruktur bersumber dana Otonomi Khusus Papua yang sudah dibahas bersama Pemprov Papua dengan Bappenas dan Kementerian PUPR di Jakarta.

Berapa besaran dana Otonomi khusus Papua untuk mendukung pembangunan infsrastruktur venue PON 2020 Papua, menurut dia, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan Pemprov Papua dan kementerian terkait untuk pembiayaan sarana penunjang tempat pertandingan PON.

“Jajaran Pemkab Biak Numfor mengharapkan dukungan semua elemen masyarakat dalam mendukung sukses penyelenggaraan PON 2020 Provinsi Papua,” kata Herry Naap.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Direktur RSUD Biak Ricardo Mayor mengakui tahun 2019 pelayanan RSUD akan lebih lengkap dengan dibangunnya fasilitas ruang baru IGD dan rawat inap dalam menunjang penyelenggaraan PON XX Papua 2020.

“Secara detail saya belum bisa merincikan waktu pelaksanaan, tetapi untuk renovasi gedung RSUD sudah mendapat persetujuan pemerintah pusat,” katanya.

Berdasarkan data RSUD Biak pada April tahun 2018 manajemen RSUD Biak berhasil meraih akreditasi tingkat utama dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Red/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: