“Offroad” pejabat di jalan trans Papua Jayapura-Wamena

Wamena, Papuatoday.id – Rombongan ‘offroad’ yang terdiri dari Wakil Bupati Jayawijaya John R Banua, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar, Perwakilan Pelaksana Jalan Nasional, Anggota DPR Papua John Rouw menempuh jalan transPapua, Jayapura-Wamena.
    
Perjalanan dari Jayapura dimulai pada Minggu,(4/11) pukul 8 pagi dan diikuti oleh kurang lebih 50-an kendaraan roda empat.
    
Wakil Bupati Jayawijaya John R Banua di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan kondisi jalan dari Jayapura ke Distrik Benawa di Kabupaten Yalimo sangat bagus, sebab tidak ada medan yang berat.
    
“Memang ada beberapa jembatan kecil yang perlu diperbaiki. Selain dari itu bagus. Kita rombongan pertama tiba di Wamena (Senin,5/11) Jam 9 malam di Kantor Bupati Jayawijaya,” ujarnya.
    
Dari Distrik Benawa ke ibu kota Kabupaten Yalimo, ada sekitar tiga tantangan yang membuat rombongan tertahan hingga berjam-jam.
    
“Saya lihat ada dua hingga tiga titik dan itu wajar kalau disebut medan susah karena masih dalam tahap pengerjaan,” ujarnya.
    
Wabup mengatakan walau jalan transPapua belum begitu baik, sudah ada kendaraan yang mengangkut sembilan bahan pokok serta bahan bangunan dari Jayapura ke kabupaten-kabupaten di wilayah pegunungan.
    
“Apalagi kalau jalannya sudah bagus, harga berbagai kebutuhan di pegunungan tengah akan lebih rendah,” ujarnya.
    
Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan dari kunjungan itu telah ditetapkan tiga titik yang nantinya ditempatkan pos pengamanan.
    
“Kami sudah ‘spot’ beberapa titik yang kami tempatkan nanti pos-pos pengamanan, mungkin ke depan nanti ada tiga. Untuk sementara satu dahulu,” ujarnya.
    
TNI mengupayakan pada akhir tahun 2018 sudah dibangun pos antar batas Jayapura dan Yalimo, di Distrik Benawa.
    
“Di Benawa sudah sangat ramai. Kalau di sana aman, kemudian kita nanti dorong mereka membangun semacam ‘rest area’, jadi masyarakat bisa membuat jualan apa di sana, misalnya makanan, BBM,” ujarnya.

 

BACA JUGA :  Untuk Porprov, Pemkab Jayapura Siap Ikuti Enam Cabor

Red BTX/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: