Ketua LSM WGAB Papua Dukung Penuh F-PHS

Jayapura, Papuatoday.id – Yeri Basri Mak Ketua LSM WGAB ( Wadah Generasi Anak Bangsa ) Provinsi Papua. mendukung penuh Gerakan Forum Pemilik Hak Sulung (F-PHS) Wilayah Kontrak Karya PT. Freeport Indonesia di tiga Kampung Tsinga, Waa atau Banti dan Aroanop.

Diselah-selah waktu luangnya Yeri Basri Mak angkat bicara dengan beberapa awak media bertempat di Rumah Kopi kota raja. Sabtu (10/11/2018).

Yeri meminta kepada pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah pusat agar bisa dan cepat menanggapi hal ini.

Kami dari LSM WGAB melihat bahwa mereka ini sudah selama 51 tahun belum ada kejelasan dalam arti pembagian berapa persen untuk wilayah adat dari pada tanah milik mereka sendiri.

Saya selaku ketua LSM WGAB Provinsi papua meminta kepada PT. Freeport agar cepat memberikan kejelasan berapa persen hasil dari pada penghasilan dari PT freeport ini.

Jadi kami dari LSM mendorong mereka agar pemerinta dan PT Freeport harus segera membuat kontrak secara tertulis dengan mereka selaku yang mempunyi hak ulayat atau selaku pemilik tanah yang selama ini PT Freeport garap,dan keinginan mereka harus terlibat dalam wilayah kontrak karya PT Freeport jadi jangan hanya antara pihak pemerintah pusat dan PT Freeport saja mereka juga yang selaku hak ulayat atau pemilik tanah terdiri dari tiga kampung terdiri dari kampung Tsinga, kampung Waa atau Banti dan kampung Arwanop.

 (TSINGWAROP) telah menggunjungi dunia. Agenda F-PHS TSINGWAROP bukan lagi menjadi isu lokal atau nasional namun sudah masuk isu International. Gerakan dari hati pasti dibantu Tuhan Yesus.

Kita tidak bisa diam lagi menonton ketika rumah kami dirusak dan bawa lari seisi rumah kami dari orang yang tidak bertanggung jawab, mari bersatu dan merebut kembali harga diri kami.

Cukup 50 tahun kami sudah tahan sakit hati, 100 kedepan kami harus ikut mengatur rumah kami sebagai Tuan rumah. Amolong – o, Nimao, Amajambaiee…& Amanaeee…..

 

BACA JUGA :  DPRP Minta Penambahan Kursi DPR Untuk Papua Dan Papua Barat

Red BTX/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: