Pemerintah Jepang Dengan Pemprov Papua Jalin Hubungan Kerja Sama

Jayapura, Papuatoday.id – Pemerintah Yamagata, Jepang, akan terus mendampingi Pemerintah Provinsi Papua dalam menyiapkan sumber daya manusia di bidang pertanian serta bidang lainnya sesuai kebutuhan.

“Bantuan yang diberikan itu berupa pelatihan di Yamagata yang sudah menjalin hubungan kota kembar dengan Pemprov Papua sejak tahun 1994,” ujar Wakil Direktur Kantor Pertukaran Internasional Pemerintahan Provinsi Yamagata Atsushi Suzuki didampingi Kepala Biro Perbatasan dan Kerja sana Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai di Jayapura.

Dia mengatakan, saat ini tercatat 70 orang sudah dilatih di Yamagata dan saat ini beberapa di antara mereka sudah memiliki jabatan di pemerintahan.

“Banyak diantara mereka yang dilatih dibidang pertanian dan bidang lainnya sesuai kebutuhan Papua,” ujar Atsushi.

Saat ini, lanjut dia, hubungan antara Yamagata dan Papua sudah berlangsung sudah berlangsung selama 24 tahun.

Pemda Yamagata berharap Pemprov Papua makin banyak mengirimkan SDM-nya untuk dilatih sehingga nantinya dapat diterapkan di daerah karena yang mengikuti pelatihan bukan saja berasal dari pemprov tetapi dari juga kabupaten dan kota seperti Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura.

Sementara itu Kabiro Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai mengapresiasi bantuan Pemda Yamagata dalam melatih SDM Papua sehingga apa yang dilatih dapat diterapkan di tempatnya bertugas.

“Memang selama ini bantuan yang diberikan berupa pelatihan yang dilaksanakan di Yamagata. Jumlahnya tidak terbatas sesuai kemampuan daerah yang mengirimnya, karena selama pelatihan dibiayai pemda setempat, ujar Suzana Wanggai.

 

BACA JUGA :  Yopi Wenda: KPU Puncak netral dan jangan diintervensi

 

Red BTX/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: