TNI : Kabar Penyanderaan Anggota DPRD di Papua Adalah Hoaks

papuatoday.id – Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi meluruskan kabar hoaks yang disebar oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Nduga. Informasi yang disebutkan oleh Sebby Sembom yang mengklaim dirinya sebagai Juru Bicara KKSB (Meskipun tidak diakui oleh anggota KKSB lainnya) bahwa disebutkan TNI-Polri menyandera rombongan ketua DPRD Nduga yang akan masuk ke Mbua Kompleks pada malam Natal.

“Ini macam bentuk propaganda-propaganda murahan lainnya digulirkan oleh pihak KKSB sebagai upaya untuk mencari pembenaran atas tindakan keji pembantaian terhadap puluhan masyarakat sipil di Distrik Yigi Kabupaten Nduga awal Desember lalu,” tegas Aidi lewat keterangan tertulis pada Rabu (2/1).

Fakta di lapangan, lanjut Aidi, bahwa pada 24 Desember 2018 telah dilaksanakan Misa Natal gabungan TNI-Polri dan masyarakat dihadiri beberapa orang pejabat daerah termasuk Matius Murib (Ketua PAK HAM Papua) yang berada di Distrik Mbua, sekaligus dilaksanakan pembagian bantuan sembako dan hadiah Natal dari TNI-Polri kepada Masyarakat.

“Saya berharap bapak Ketua I DPRD Kabupaten Nduga, Alimi Gwijangge, dan Ketua II DPRD Kabupaten Nduga Dinar Kalne yang disebut oleh Sebby Sembom (yang mengklaim dirinya sebagai Juru Bicara) sedang disandera oleh TNI-Polri mau secara jujur dan terbuka mengklarifikasi informasi ini agar tidak muncul persepsi bahwa beliau juga adalah bagian dari pembuat berita hoaks tersebut,” jelas Aidi.

Hoaks propaganda dilakukan KKSB diketahui bukan hanya kali ini saja. Isu serangan udara dan bom phosphor sebelumnya, juga diarahkan kepada TNI-Polri dalam untuk membuat pembenaran seolah pengak hukum telah melakukan pelanggaran HAM terhadap masyarakat Papua pasca penembakan puluhan pekerja PT Freeport di Nduga, Papua.

“Institusi TNI-Polri adalah institusi yang sangat terbuka, 1X24 jam kami siap dihubungi untuk klarifikasi dan segala pernyataan yang saya keluarkan ke publik siap dipertanggungjawabkan,” kata Aidi.

 

Baca Juga :  Walikota Jayapura: Mari Bersifat Transparan dalam Proses Pembayaran Pajak

Red/papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: