Selamat Merayakan Hari Natal 25 Desember 2018 & Menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2019

Kemenag Biak Numfor ajukan pengesahan SK pengurus ormas keagamaan

Biak, papuatoday.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengajukan pengesahan surat keputusan (SK) pengurus baru organisasi keagamaan yang ada di daerah itu.

“Ormas keagaamaan yang perlu diterbitkan SK kepengurusan baru, seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah, Panitia Hari Besar Islam, serta beberapa ormas keagamaan lainnya yang perlu mendapat pengesahan SK dari Pemkab Biak Numfor,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Biak Numfor Asden J. Naiborhu di Biak, Jumat.

Ia mengatakan ormas keagamaan yang dibentuk dengan SK dari Pemkab Biak Numfor menjadi mitra strategis Kemenag untuk menjaga dan memelihara keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama di wilayah itu.

Asden berharap dengan dikeluarkan SK pengesahan dari Pemkab Biak yang mendapat rekomendasi Kemenag maka kepengurusan baru dapat melaksanakan tugas membina kerukunan umat beragama sesuai tugas? dan fungsi yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan.

“Kemenag Biak berharap SK pengurus ormas keagamaan dapat dituntaskan dalam tahun 2019 sehingga bisa melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan yang sudah diprogramkan,” ujarnya.

Ia mengharapkan pengurus ormas keagamaan yang masa kepengurusan telah berakhir dapat menunggu keluarnya legalitas kepengurusan baru yang dikeluarkan pemkab setempat.

Berdasarkan data ormas keagamaan di Kabupaten Biak Numfor yang selama ini menjadi mitra pemkab setempat dalam menjaga “rumah toleransi” kerukunan antarumat beragama, di antaranya FKUB untuk gabungan lima agama terdiri atas BP Klasis GKI Biak Selatan untuk jemaat Kristiani.

Selain itu, Paroki Santa Maria untuk umat Katolik, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk agama Islam, Majelis Budhayana Indonesia untuk agama Buddha dan Parisada Hindu Dharma Indonesia untuk agama Hindu.

 

BACA JUGA :  Kebobrokan ULMWP Kini Sudah Banyak Diketahui Negara-Negara Pasifik

Red/papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: