Selamat Merayakan Hari Natal 25 Desember 2018 & Menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2019

Dubes Tantowi Ungkap Kelompok yang ‘Goreng’ Isu Papua Merdeka

Papuatoday.id – Kelompok minoritas etnis penduduk Pasifik atau Pacific Islander di Selandia Baru menjadikan dukungan untuk kemerdekaan Papua di Indonesia sebagai isu politik di negara Oceania itu.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, etnis yang rasnya sama dengan penduduk Papua itu menuding bahwa referendum atau Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) yang diselenggarakan di Papua pada 1969 lalu merupakan proses yang tidak sah.

“Isu Papua ini akan tetap terus dipelihara oleh kelompok-kelompok tertentu (di Selandia Baru) untuk kepentingan politik,” ujar Tantowi usai berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kementerian Koordinator Bidang Polhukam di Jakarta, Jumat 25 Januari 2019.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini menyampaikan bahwa politik dalam negeri Selandia Baru tentu urusan domestik negara itu. Namun, digulirkannya isu Papua untuk kepentingan politik pada akhirnya bisa
memengaruhi sikap Selandia Baru di dunia internasional untuk mendorong kemerdekaan Papua.

“Isu Papua ini akan tetap terus dipelihara oleh kelompok- tertentu, untuk kepentingan politik,” ujar Tantowi.

Dubes yang juga dikenal sebagai politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu mencontohkan, kelompok minoritas tersebut menuding bahwa hasil Pepera tidak bisa dijadikan dasar bagi Indonesia untuk melakukan proses reintegrasi terhadap Papua.

Meski demikian, Tantowi menegaskan, Pepera merupakan mekanisme demokratis yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan hasilnya juga diakui secara internasional.

“Jangan salahkan kita (pemerintah Indonesia). Ada satu panitia pada 1969 itu, yang mengawal dan menyelenggarakan referendum itu. Bukan kita event organizer-nya, KPU-nya,” ujar Tantowi.

 

BACA JUGA :  Dukungan Moril dari Papua untuk Para Korban Bom di Surabaya

Red/papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: