Selamat Merayakan Hari Natal 25 Desember 2018 & Menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2019

Pengelola Arkeologi Papua Harap Semua Pihak Lestarikan Situs Sejarah

 

Jayapura, Papuatoday.id – Pengelola Balai Arkeologi Provinsi Papua berharap semua pihak ikut menjaga dan melestarikan situs dan peninggalan sejarah zaman dahulu.

Kepala Balai Arkeologi Papua Gusti Made Sudarmika di Jayapura, Kamis, mengemukakan perlu ada langkah sinergi antara tokoh masyarakat dan para pejabat untuk menjaga dan melestarikan situs-situs sejarah yang ada di Papua.

Menurut dia, pihaknya hanya berupaya untuk menyelamatkan situs-situs sejarah itu dan tidak fokus pada satu tempat sehingga dibutuhkan sinergitas dari berbagai pihak untuk melestarikan.

“Karena barang itu harus diselamatkan, kalau tidak dibikin sekarang berarti itu namanya bukan peninggalan leluhur lagi,” ujarnya.

Dia mengaku sudah menyampaikan kepada pemerintah agar memperkenalkan situs budaya atau peninggalan-peninggalan sejarah yang ada melalui kegiatan-kegiatan akbar.

Seperti, lanjut dia, festival Danau Sentani yang digelar tiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, namun pemerintah tidak memperkenalkan situs-situs sejarah yang ada di Kabupaten Jayapura melalui momentun tersebut.

Gusti mencotohkan pembuat gerabah, kini sudah banyak pembuat gerabah sudah mulai punah karena gerabah itu masih dipahami sebagai alat saja bukan sebagai sebuah budaya.

“Jika dipandang sebagai sebuah alat maka ada yang lebih baik lagi maka ini akan ditinggalkan, tetapi itu kalau sebuah budaya berarti kita bisa berinovasi,” ujar Gusti.

 

Red BTX/Papuatoday.id

Komentar Anda

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: