Kami Tim Papua Today Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Yonas Alfons Nussy (Anggota DPRP/Sekjen BMP) : 1 Mei Hari Integrasi Papua Ke NKRI dan Diusulkan sebagai Hari Persatuan Masyarakat Nusantara

 

Jayapura, Papuatoday.id –  Jelang Peringatan 1 Mei, Yonas Alfons Nussy (Anggota DPR Papua Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM/Sekretaris Jenderal Barisan Merah Putih) menyatakan bahwa tanggal 1 Mei itu merupakan hari dimana Papua resmi menjadi bagian Negara kesatuan Republik Indonesia. Tidak ada sedikitpun indikator atau hal-hal yang menyatakan bahwa itu merupakan aneksasi Indonesia.

“Kita mau meluruskan sejarah yang sering disalahgunakan oleh kelompok-kelompok lain di Provinsi Papua”, ungkap Yonas.

Jelang peringatan 1 Mei sebagai Hari Integrasi Papua ke NKRI direncanakan Barisan Merah Putih dan elemen lainnya akan melaksanakan kegiatan upacara hadirnya Papua dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Dalam hal ini, kegiatan tersebut akan dinamakan dengan sebutan nama hari persatuan masyarakat nusantara sebagai hari bersejarah.

Selain menggelar kegiatan upacara, pihaknya juga menyampaikan bahwa akan diadakan kirab merah putih pada beberapa wilayah yang ada di Provinsi Papua, seperti Kota Jayapura, Kab. Merauke, dan Kab. Kep Yapen.

Sementara itu, pada saat ini tengah diusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk menetapkan tanggal 1 Mei yang merupakan hari fakultatif yang akan nantinya dipahami kenapa harus ada hari ini diperingati sebagai hari bersejarah karena disini kita dapat merangkul seluruh masyarakat Republik Indonesia masyarakat yang bersatu dan merangkul kembali menjadi sebuah wilayah kesatuan negara Republik Indonesia yang utuh.

“Tanggal 1 Mei ini kita usulkan kepada pemerintah pusat mulai dari pemerintah daerah kita usulkan menjadi menjadikan tanggal 1 Mei merupakan suatu hari persatuan masyarakat nusantara di Republik Indonesia yang disuarakan dari Papua,” imbuhnya.

Yonas juga mengingatkan agar pihak – pihak lain untuk tidak melakukan aksi – aksi yang bertentangan dengan UU yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, “kami menghimbau untuk masyarakat tidak usah kita terpengaruh dan melakukan hal-hal di jalan-jalan atau kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan UU yang berlaku di NKRI, namun kita berkonsentrasi terhadap suatu event besar yang harus kita lakukan dan kawal yaitu pon 2020 dan kegiatan kegiatan pembangunan lainnya di Provinsi Papua”.

 

Baca Juga :  Kesaksian Penerima Manfaat Besar KIS di Hadapan Jokowi

RED BTX/Papuatoday.id

 

 

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: