Kami Tim Papua Today Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Kepala BPS Papua Indeks Pembagunan Manusia Berubah Dari Kategori Rendah Menjadi Sedang

Jayapura, Papuatoday.id –  Eko Mardiana (Kepala Bidang Neraca Wilayah Dan Analisis BPS Provinsi Papua) menyatakan Indeks Pembagunan Manusia (IPM) Papua pada 2018 berubah status dari sebelumnya berkategori rendah menjadi sedang atau mencapai 60,06 poin.

Eko Mardiana mengatkan angka IPM ini meningkat sebesar 0,97 poin tumbuh 1,64 persen jika dibandingkan 2017.

Secara umum, pembangunan manusia Papua terus mengalami kemajuan selama periode 2010 hingga 2018, di mana IPM Bumi Cenderawasih meningkat dari 54,5 poin pada 2010 menjadi 60,06 poin pada 2018

Eko Mardiana menyampaikan pencapaian pembagunan manusia diukur dengan memperhatikan tiga aspek esensial yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan juga standar hidup layak.

Oleh karena itu, peningkatan capaian IPM tidak terlepas dari peningkatan setiap komponennya di mana seiring dengan naiknya angka tersebut, indeks masing-masing komponen juga menunjukkan kenaikan dari tahun ke tahun.

Dia menjelaskan umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh Umur Harapan Hidup saat lahir (UHH) yaitu jumlah tahun yang diharapkan dapat dicapai oleh bayi baru lahir untuk hidup, di mana bayi lahir di Papua pada 2018 memiliki harapan hidup hingga 65,36 tahun atau lebih lama 0,22 tahun dibandingkan tahun sebelumnya.

RED BTX/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: