Pertanahan Papua di Beri Target 32 Ribu Sertifikat Tanah

Jayapura, Papuatoday.id –   Arius Yambe (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasionla Provinsi Papua) menyatakan pihaknya ditargetkan untuk meneterbitkan 32 ribu sertifikat tanah selama 2019 dari kantor pertanahan yang ada.

Arius Yambe mengatkan dari target tersebut, realisasinya per 7 Mei 2019 ini adalah 4.931 sertifikat tanah atau dipersentasekan 15,41 persen.

Target 32 ribu penerbitan sertifikat ini dibagi ke 12 kantor pertanahan yang berada di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, Biak Numfor, Sarmi, Jayawijaya, Keerom, Merauke, Puncak Jaya, Paniai, Kepulauan Yapen dan Nabire.

Menurut Arius, dari 12 kantor pertanahan ini, target terbesar di Kabupaten Merauke yakni sebanyak 5.300 sertifikat di mana realisasinya kini baru mencapai 165 sertifikat atau sebesar 3,11 persen.

Justru realisasi penerbitan sertifikat tanah ini paling besar ada di Kabupaten Mimika yakni 1.535 sertifikat dari targetnya sebanyak 2.600 sertifikat atau sebesar 59,04 persen.

Karena banyaknya target, hal ini juga menjadi salah satu penyebab bertambah lamanya proses pengurusan dan penerbitan sertifikat, di mana kalau hanya sekedar mencetak sertifikat tanah hal yang mudah serta cepat, namun pengukuran dan pemetaan lahannya membutuhkan waktu cukup lama

RED BTX/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: