Kami Tim Papua Today Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Keberhasilan Pendidikan Terletak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

 

Jayapura, Papuatoday.id, (10/06/2019) –  Dalam upaya mendorong kesuksesan di bidang pendidikan, khususnya di Papua, Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si. (Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi Papua), menjelaskan bahwa PAUD menjadi prioritas, karena kunci keberhasilan pendidikan terletak pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Wantik tak memungkiri bahwa adanya hambatan dalam mendorong pengembangan PAUD, terlebih dari segi regulasi.

Disampaikannya bahwa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pelimpahan kewenangan pendidikan, termasuk jenjang SMP, SD, dan seterusnya ke bawah, salah satunya PAUD, bertolak belakang dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

“Pada pasa 56 ayat (1) menyebutkan bahwa pemerintah Provinsi Papua bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan dari tingkat perguruan tinggi, SMA/SMK, SMP, SD, sampai PAUD ke bawah,” tambahnya.

Dengan demikian, kala mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 tersebut, maka Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan hanya dapat mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk menjadikan program PAUD sebagai prioritas pendidikan, terlebih telah didorong pula melalui persentase pembagian dana.

“Inilah yang hampir belum secara penuh menjadi perhatian keluarga, sehingga berangkat dari hal itulah, pemerintah baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota harus intervensi. Bahkan, kami di Pemprov telah membuat beberapa sekolah dan PAUD model di sejumlah kabupaten/kota sebagai pilot project untuk referensi bagi pemkab/kota menerapkan di daerahnya masing-masing,” tambah Laorens Wantik, Minggu (9/6/2019) kemarin.

 

Baca Juga :  Sekjen ULMWP Okto Motte Gagal Yakinkan Aktivis NGO Asing

RED BTX/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: