Festival BMW Ciptakan Peredaran Uang Rp 12,8 Miliar

Biak, Papuatoday.id, (07/07/2019) – Pesona dari Festival Biak Munara Wampasi VII (BMW) berlangsung 1-6 Juli 2019 mampu menarik banyak pengunjung dan menciptakan peredaran uang dari wisatawan sebesar Rp 12,8 Miliar.

Onisimus Dangeubun (Kadis Pariwisata) di Biak, Minggu (07/07/2019) mengatakan bahwa Festival BMW VII tahun 2019 mampu menarik kunjungan 16 turis mancanegara dan 1.627 wisatawan nusantara dari berbagai daerah menyaksikan kegiatan pesta budaya masyarakat adat Biak.

Ia mengatakan, perolehan uang beredar Rp12,8 miliar di ajang festival BMW berasal dari pengeluaran 16 wisatawan mancanegara dengan estimasi pengeluaran per hari sebesar Rp5 juta untuk kebutuhan menginap di hotel dan kebutuhan makan minum selama 1-6 Juli 2019.

Sedangkan pendapatan uang lainnya, menurut Onisimus, berasal dari 1.627 wisatawan nusantara dengan pengeluaran mencapai Rp1,5 juta per hari serta pendapatan seratusan pelaku usaha kecil UKM orang asli Papua dari hasil berjualan selama festival berlangsung Rp2,7 miliar.

“Secara kuantitas dan inovasi kegiatan ajang festival BMW VII telah meningkat secara signifikan karena mendapat dukungan Kementerian Pariwisata, masyarakat adat, BUMN/BUMD, komunitas fotografi serta instansi vertikal, satuan TNI/Polri,” tambahnya.

Ia berharap, ajang festival BMW VIII tahun 2020 dapat lebih menarik kunjungan wisatawan lebih banyak lagi menikmati keindahan alam dan seni budaya masyarakat adat Kabupaten Biak Numfor.

“Dengan peningkatan kunjungan wisatawan akan berdampak ekonomi untuk masyarakat di berbagai kampung, pelaku usaha perhotelan dan penjual buah pinang sirih bagi orang asli Papua yang setiap hari memadati lokasi festival BMW,” ujar mantan Kepala Bappeda Biak itu.

RED BTX/Papuatoday.id

Posting Terkait

Baca Juga :  Enam Warga PNG Diamankan TNI Tanpa Dokumen Perjalanan Lintas Negara

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: