Jelang PON, Pemprov Berharap Ada Penurunan Harga Tiket Pesawat

Jayapura, Papuatoday.id, (11/07/2019) – Hery Dosinaen (Sekretaris Daerah Provinsi Papua) mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua berharap ada penurunan harga tiket pesawat menjelang Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober sampai 2 November 2020.

Dosinaen menyatakan pihaknya menginstruksikan Dinas Perhubungan Papua melakukan konsolidasi di tingkat kementerian dan lembaga terkait untuk mencari solusi atas mahalnya harga tiket dari dan menuju Papua.

“Kami tetap berjuang agar harga tiket saat perhelatan PON tidak memberatkan masyarakat. Kami ingin yang berkunjung ke Papua (selama penyelenggaraan PON itu) tidak hanya atlet atau official, tetapi juga masyarakat dari luar Papua,”
ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Papua telah bekomunikasi dengan sejumlah perusahaan agen perjalan untuk mengupayakan turunnya harga tiket pesawat dari dan menuju Papua. Hanya saja, ujar Dosinaen, pihak maskapai penerbangan memiliki aturan tersendiri.

Dosinaen menilai perlunya pelibatan kementerian dan lembaga setingkat kementerian untuk menurunkan harga tiket pesawat di Papua. “Kami akan upayakan ini terus, mengingat perhelatan PON semakin dekat,” tambahnya.

Selain mengharapkan turunnya harga tiket pesawat, Pemerintah Provinsi Papua juga berharap akan segera mendapatkan salinan Instruksi Presiden (Inpres) terbaru tentang PON XX Papua. Hingga Kamis, Dosinaen menyatakan pihaknya belum mendapatkan salinan Inpres yang mengatur rinci pembangunan venue PON baru, perbaikan sejumlah venue yang telah ada, dan sumber pembiayaan masing-masing proyek itu.

“Intinya target kami semua venue sudah harus rampung pada tahun ini. Namun ada beberapa venue yang dibangun awal 2020, tapi sudah dipastikan bisa rampung sebelum PON digelar,” kata Hery Dosinaen.

Bupati Merauke Frederikus Gebze juga berharap pemerintah bisa menurunkan tarif tiket dari dan menuju Papua menjelang perhelatan PON di Papua. “Kita jangan sepelekan soal kenaikan harga tiket pesawat yang akhir-akhir ini cukup mencekik. Saya kuatir, kalau hal ini tidak diintervensi oleh pemerintah pusat, banyak atlet dari beberapa provinsi tidak akan mengikuti PON,” Ungkapnya

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi saat berkunjung ke Papua berjanji pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan khusus dengan pihak Perhubungan untuk mengatasi lonjakan tiket pesawat yang saat ini terjadi.

“Semoga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Masukan dari Bupati Merauke akan menjadi catatan saya dalam melakukan pertemuan dengan pihak perhubungan,” ucapnya.

 

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Kantor KPUD Mamberamo Tengah

RED BTX/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: