Lukas Enembe : Makna Dibalik Logo dan Maskot PON 2020 Di Papua

Jayapura, Papuatoday.id, (02/08/2019) Lukas Enembe (Gubernur Papua) meluncurkan maskot dan logo PON XX/2020 Papua. Dipilih dua hewan endemik khas Papua, yakni Kanguru dan burung Cenderawasih.

“Dua hewan yang digunakan sebagai maskot adalah Kanguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih. Kangpho menjadi nama maskot Kanguru pohon yang selama ini populer sebagai satwa khas Australia, namun ternyata juga ada di Papua,” ujarnya.

Kangpho digambarkan menggunakan rumbe-rumbe pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan asli Papua. Terdapat ukiran pada ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua.

Pada bagian depan mahkota juga ditampilkan gambaran gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak gunung Jayawijaya. Kemudian, maskot lain yang menggunakan burung cenderawasih diberi nama Drawa.

Burung Cenderawasih atau dalam bahasa ilmiahnya Paradisea Reggiana adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dan merupakan satwa endemik asli Papua. Seperti kangpho, Drawa juga digambarkan menggunakan mahkota dan rumbe-rumbe.

Di dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI.

Tubuh Drawa diberi warna orange yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih. Warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli Cenderawasih yang melambagkan semangat, kehangatan dan kegembiraan.

Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX yang rencananya dibuka pada pukul 20.00 WIT, 20 Oktober 2020.

Selain logo dan maskot, sebelumnya sudah ada tagline PON XX/2020, yaitu “Torang Bisa”. Kata tersebut merupakan penyemangat khas Papua yang bertujuan untuk mengobarkan semangat juang para atlet.

Sementara itu, logo PON Papua menggunakan Stadion Papua Bangkit sebagai latar dengan ornamen gunung dan tiga buah lingkaran.

Di depan stadion tersebut, digambarkan tiga buah segitiga yang menandakan Papua memiliki banyak gunung dan dimaknai sebagai kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Kemudian tiga lingkaran dengan warna merah, kuning dan hijau mengartikan prestasi, sportivitas dan solidaritas yang akan menjadi pemersatu rakyat.

“Dengan ini saya resmikan logo dan maskot PON 2020 dan mulai sekarang logo dan maskot ini bisa digunakan di seluruh Indonesia,” katanya.

RED BTX/Papuatoday.id

Posting Terkait

Baca Juga :  LMA Minta Pejabat Papua Selamatkan Burung Cenderawasih

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: