Ramses Ohee : Generasi Muda Harus Mengerti Sejarah Pepera

Jayapura, Papuatoday.id (15/08/2019) – Ramses Ohee (Tokoh Pejuang Papua sekaligus Saksi Sejarah Penentuan Pendapat Rakyat Papua (Pepera) 1969)  di Waena, Kota Jayapura, menceritakan sejarah dan menegaskan jika persoalan Papua sudah final masuk dan bertintegarsi ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejarah jangan diputarbalikkan. Kami orang-orang tua, pejuang Pepera adalah perwakilan dari seluruh Papua dan Papua Barat menyatakan bergabung ke dalam NKRI melalui Pepera 1969 saat itu,” jelasnya.

“Kita harus syukuri atas kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Hargai para leluhur tua-tua kita. Mereka mengorbankan seluruh jiwa raga mereka untuk saat ini kita bisa menghirup kemerdekaan. Jangan termakan isu yang sesat,” jelasnya.

Itu sebabnya, kata Ramses, dengan mengangkat tema “Peran Pemuda Dalam Mengawal Masa Depan Papua” diharapkan generasi muda saat ini bisa menanamkan tiga hal dalam diri, yakni rasa cinta tanah air, rasa memiliki tanah air dan rasa mengabdi kepada negara.

“Itu semua supaya Indonesia yang kita cita-citakan untuk mencapai kesejahteraan bisa terwujud. Kita harus terus perjuangkan, jangan berbicara lain,” paparnya.

Ramses juga mengimbau kepada generasi muda untuk terus belajar dengan baik dan melanjutkan perjuangan pahlawan mewujudkan Indonesia baru, seperti yang dicita-citakan para pahlawan.

“Saya imbau kepada anak cucu saya, kamu timba ilmu baik-baik, sampai kamu menjadi tiang yang kuat yang diharapkan oleh bangsa ini,” ujarnya.

 

Baca Juga :  Tetap Tahan WN Polandia, Kapolda Papua: Kita Tak Takut Sama Bule!

RED JRK/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: