Tokoh Pejuang Papua Ingatkan Generasi Muda Agar Tetap Cinta NKRI

Jayapura, Papuatoday.id (15/08/2019), Ramses Ohee yang merupakan Ondofolo Waena Jayapura sekaligus Tokoh Papua adalah saksi dan pelaku sejarah Pepera 1969, meminta kepada generasi muda agar memaknai HUT Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

 

“Kaum generasi muda, perlu menghayati dan memaknai apa itu arti kemerdekaan, arti dari upacara 17 Agustus,” ungkapnya di depan ratusan pelajar yang hadir dalam kegiatan tatap mukanya.

 

Menurut dia, Papua sudah sah dan final berada dalam pangkuan ibu pertiwi, sehingga tidak perlu lagi diperdebatkan soal keabsahaan atau legalitasnya, karena hanya akan menghabiskan energi yang seharusnya digunakan untuk mengisi kemerdekaan.

 

“Saya dan orang tua kami yang berjuang melawan penjajah, untuk para pelajar dan generasi muda mari isi dengan pembangunan, mari berkarya untuk kemajuan pribadi dan bangsa, karena tantangan yang ada saat ini ada era kemajuan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ramses Ohee juga menginginkan agar generasi penerus perlu memiliki sikap cinta dan rasa memiliki terhadap NKRI, “Negara ini mempunyai generasi penerus, sehingga generasi penerus itu perlu disiapkan sebaik mungkin agar bisa memiliki rasa cinta, rasa memiliki dan rasa mengabdi kepada negaranya” ungkapnya.

 

Sementara itu, Goris Giayai (SMKN 3 Jayapura) yang hadir dalam acara yang mengusung tema “Peran Pemuda Dalam Mengawal Masa Depan Papua” mengaku bangga dan senang bisa bertemu dan mendengarkan langsung wejangan atau pesan dari para pelaku dan saksi sejarah.

 

Baca Juga :  Mantan Bupati Teluk Wondama Alberth Torey Terjerat Kasus Narkotika Jenis Sabu

“Memang banyak anak muda yang sering bilang Papua merdeka, tetapi mereka tidak paham makna kemerdekaan yang hakiki dan sejarah Papua. Disini, saya dan teman-teman bisa mendengarkan langsung soal sejarah Pepera dan acara seperti ini sangat bagus untuk kaum muda,” ungkapnya.

 

Kegiatan tersebut menjadi kesempatan untuk menjelaskan sejarah Papua secara utuh sehingga  Generasi Muda Papua diharapkan dapat selalu menjaga keutuhan Bangsa Indonesia, utamanya Papua dalam bingkai NKRI.

 

RED JRK/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: