Deklarasi Papua Damai Bergema di Empat Kabupaten

Jayapura, Papuatoday.id, (11/09/2019) – Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal (Kabid Humas Polda Papua) mengatakan, deklarasi damai ini merupakan keingin bersama seluruh elemen masyarakat di wilayah tersebut. “Deklarasi damai untuk menjaga kamtibmas di Papua,” kata Kamal.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi isu hoaks yang bertujuan mengacaukan kedamaian di tanah Papua. “Kita berbeda-beda, tetapi tetap satu,” ujarnya.

Deklarasi damai Papua terus digaungkan di sejumlah wilayah paling timur Indonesia ini. Kali ini, kesepakatan damai bergema di empat kabupaten di Provinsi Papua.

Kabupaten Mappi misalnya, deklarasi kesepakatan damai bersama digelar di Mapolres setempat. Deklarasi damai dihadiri Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, serta diikuti seluruh komponen masyarakat,unsur agama, serta paguyuban di wilayah itu.

Untuk di Kabupaten Pegunungan Bintang, deklarasi damai digelar di Mapolres setempat. Deklarasi dalam rangka menjaga kambtimbmas ini diikuti Sekda Pegunungan Bintang Bhartolomeus J Paragi, Kapolres AKBP Michael Mumbunan, pejabat Pemda Pegunungan Bintang serta para tokoh di wilayah tersebut.

Deklarasi yang dihadiri unsur TNI dari Pabung 1702 Jayawijaya Mayor Inf Ardiansyah, Danramil Oksibil Kapten Inf Aprin Paembongan itu menyepakati lima poin penting. Lima poin dimaksud yakni menjaga kamtibmas, menjaga keharmonisan, menjaga toleransi, menangkal isu hoaks dan meningkatkan sinergitas seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan TNI/Polri.

Serupa dengan dua daerah lainnya, deklarasi damai di Kabupaten Biak Numfor digelar di halaman Mapolres setempat. Deklarasi dihadiri langsung Bupati Biak Herry Ario Naap diikuti unsur Forkopimda, meliputi Ketua DPRD, pejabat unsur TNI di Biak hingga pejabat kejaksaan, Kodim 1708 Biak serta Ketua Pengadilan setempat.

Deklarasi yang diikuti para paguyuban, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda menyepakati empat poin kesepakatan. Empat poin dimaksud meliputi menjaga persatuan dan kesatuan di tanah Papua.

Seluruh elemen masyarakat sepakat hidup berdampingan rukun dan damai dengan penuh kasih sayang, tidak terpengaruh oleh isu hoak, serta menolak kelompok separatis dan radikal di tanah Papua.

RED BTX/Papuatoday.id

Posting Terkait

Baca Juga :  Satgas Yonmek 521/DY Gagalkan Penyelundupan Miras dari PNG ke Merauke

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: