Dinkes Biak Numfor Targetkan 133 Ribu Warga Minum Obat Pencegahan Kaki Gajah

Biak, Papuatoday.id, (11/09/2019) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan sasaran 133.564 warga atau sekitar 90 persen dari total jumlah penduduk setempat minum obat filariasis untuk pencegahan penyakit kaki gajah.

Ruslan Epid (Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Biak)

Ia mengatakan cakupan penduduk untuk minum obat filariasis di Kabupaten Biak Numfor sampai dengan Rabu ini terealisasi 1,40 persen.

Ruslan mengakui untuk puskesmas lain di Kabupaten Biak Numfor hingga saat ini sedang melaksanakan program pemberian obat filariasis di wilayah masing masing.

“Kami berharap program minum obat filariasis tetap berjalan di berbagai puskesmas karena sangat penting untuk pencegahan penyakit kaki gajah,” kata dia.

Ruslan Epid mengatakan obat filariasis untuk warga Biak dapat diperoleh secara gratis di Dinas Kesehatan dan puskesmas se-Kabupaten Biak Numfor.

Ia menyebut kegiatan minum obat disebut Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis merupakan langkah akselerasi untuk mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah pada 2020.

Obat pencegah penyakit kaki gajah yang diberikan pada POPM terdiri atas kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC) 100 mg dan Albendazole 400 mg.

Dosisnya, kata dia, untuk usia 2-5 tahun satu tablet DEC dan satu tablet Albendazole, usia 6-14 tahun dua tablet DEC dan satu tablet Albendazole, sedangkan bagi yang berusia di atas 14 tahun mendapat tiga tablet DEC dan satu tablet Albendazole.

 

Baca Juga :  Susaningtyas : Pemerintah Indonesia Sedang Fokus Berantas Terorisme Dengan Koopsus TNI

RED BTX/Papuatoday.id

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: