Gubernur Papua Minta Mahasiswa Papua Agar Fokus Kuliah dan Mahasiswa Eksodus Segera Kembali Ke Kota Studi

 

Jayapura, Papuatoday.id (13/09/2019) – Lukas Enembe, SIP.,MH. (Gubernur Papua) meminta kepada mahasiswa yang merasa aman di kota studinya untuk tidak usah kembali ke papua dan tetap melanjutkan studinya.

“Ini sudah mau akhir semester, kita harap mereka tetap melanjutkan studinya,” ungkap Lukas Enembe.

Terkait apakah kepulangan mahasiswa-mahasiswi ini ada masalah di kota studi mereka atau ada skenario yang dibuat orang lain, Gubernur mengaku akan melakukan pertemuan dengan perwakilan mahasiswa Papua guna membahas apa yang menjadi masalah di kota studi mereka.

“Kalau memang mereka pulang karena situasi bermasalah dengan provinsi tersebut, kami juga akan ada pertemuan lanjutan dengan Kapolri,” ungkap Lukas Enembe.

Terkait mahasiswa yang sudah terlanjur kembali ke Papua, Lukas Enembe mengaku akan mencari solusi. Dirinya akan melakukan pertemuan dari setiap ketua dari mahasiswa guna mendengarkan alasan kepulangan mereka. Apabila mahasiswa bersedia pulang ke kota studinya pemerintah daerah bersedia pulangkan mereka.

Sementara itu, TNI telah menyiapkan dua pesawat Hercules C-130 untuk membawa kembali ribuan pelajar dan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang sempat pulang dari kota tempatnya menimba ilmu ke kampung halaman. TNI-Polri juga menjamin seluruh pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar Pulau Jawa tidak akan mendapat tekanan.

“Mahasiswa ini harus diberi pengertian, Kapolri sudah menjamin keamanan mereka. Bahkan, Kapolda sudah turun dengan jajarannya untuk memberikan rasa aman kepada mahasiswa yang masih ada dikota studi. Termasuk juga mahasiswa yang akan kembali dari Papua ke kampus mereka masing-masing,” ucap Kapolda Papua.

Mengantisipasi adanya kelompok yang memanfaatkan para mahasiswa, Kapolda mengaku pihaknya sudah mendekati para tokoh-tokoh yang dituangkan dari mahasiswa. Supaya mereka tidak terprovokasi atau terpengaruh dengan ajakan-ajakan dari kelompok lain yang ingin Papua tidak aman.

“Kalpolri dan seluruh Kapolda menjamin anak-anak ini,” tegas Kapolda.

RED BTX/Papuatoday.id

Posting Terkait

Baca Juga :  TNI Amankan Satu Kilogram Ganja di Perbatasan RI-PNG

Subscribe

Thanks for reading Information in here.

%d blogger menyukai ini: